Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:28:05ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-05-05T01:35:18Z2017-03-08T08:59:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12300This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/123002014-05-05T01:35:18ZHUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA KELAS II MA YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTADalam pendidikan Islam, hukuman perlu dikenalkan sejak dini atau anak-anak agar
mereka mengenal nilai-nilai kehidupan seperti tertib, disiplin, hemat dan lain-lain. Walaupun
pendidikan modern cenderung tidak menyukai atau membenarkan lagi bentuk hukuman fisik,
namun yang lebih penting adalah adanya pertimbangan bahwa tujuan menjatuhkan hukuman
atau sanksi adalah untuk menimbulkan kesadaran pada anak didik bahwa perbuatan yang
dilakukannya melanggar disiplin dan merupakan tindakan yang salah sehingga mereka dapat
menyadari kesalahannya dan merubah diri serta tidak akan mengulangi kesalahan yang sama
lagi.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukuman yang dilaksanakan di
Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum Yogyakarta, dan untuk mengetahui apakah penerapan
hukuma tersebut sesuai dengan konsep hukuman dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan populasi seluruh
siswa kelas II (berjumlah 6 kelas), sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 50 siswa.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi.
Analisa data dilakukan dengan metode analisa kualitatif dan analisa kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:
1. Hukuman yang diterapkan di Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum terhadap siswa yang
melanggar disesuaikan dengan jenis pelanggarannya, kemudian hukuman segera diberikan
sesuai dengan kebijakan guru BP dan tata tertib aturan yang berlaku. Pelanggaran yang
terjadi masih termasuk kategori pelanggaran ringan sampai sedang sehingga masih bisa
diatasi oleh pihak yang terkait.
2. Hukuman yang diberikan sama dengan hukuman yang diberikan pada sekolah-sekolah
umum lainnya, terbukti dari data-data yang ada dan sanksi yang diberikan pada siswa yang
melanggar dan menyesuaikan terhadap hukuman dalam pendidikan Islam.
Kata kunci: hukuman dalam pendidikan Islam, MA Ali Maksum KrapyakNIM. 97473709 FIRQOTUN NAJIYAH2014-05-02T10:45:37Z2017-03-09T02:38:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12343This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/123432014-05-02T10:45:37ZHUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA KELAS II MA YAYASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTADalam pendidikan Islam, hukuman perlu dikenalkan sejak dini atau anak-anak agar
mereka mengenal nilai-nilai kehidupan seperti tertib, disiplin, hemat dan lain-lain. Walaupun
pendidikan modern cenderung tidak menyukai atau membenarkan lagi bentuk hukuman fisik,
namun yang lebih penting adalah adanya pertimbangan bahwa tujuan menjatuhkan hukuman
atau sanksi adalah untuk menimbulkan kesadaran pada anak didik bahwa perbuatan yang
dilakukannya melanggar disiplin dan merupakan tindakan yang salah sehingga mereka dapat
menyadari kesalahannya dan merubah diri serta tidak akan mengulangi kesalahan yang sama
lagi.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukuman yang dilaksanakan di
Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum Yogyakarta, dan untuk mengetahui apakah penerapan
hukuma tersebut sesuai dengan konsep hukuman dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan populasi seluruh
siswa kelas II (berjumlah 6 kelas), sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 50 siswa.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi.
Analisa data dilakukan dengan metode analisa kualitatif dan analisa kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:
1. Hukuman yang diterapkan di Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum terhadap siswa yang
melanggar disesuaikan dengan jenis pelanggarannya, kemudian hukuman segera diberikan
sesuai dengan kebijakan guru BP dan tata tertib aturan yang berlaku. Pelanggaran yang
terjadi masih termasuk kategori pelanggaran ringan sampai sedang sehingga masih bisa
diatasi oleh pihak yang terkait.
2. Hukuman yang diberikan sama dengan hukuman yang diberikan pada sekolah-sekolah
umum lainnya, terbukti dari data-data yang ada dan sanksi yang diberikan pada siswa yang
melanggar dan menyesuaikan terhadap hukuman dalam pendidikan Islam.NIM. 97473709 FIRQOTUN NAJIYAH