Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:54:27ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-04-14T01:00:28Z2017-10-31T01:14:03Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15685This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/156852015-04-14T01:00:28ZEFEKTIVITAS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN GRIYA NANDA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan
mengetahui efektivitas pola pembelajaran anak usia dini yang dilakukan di
Kelompok Bermain Griya Nanda DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan studi kasus, menggunakan metode kualitatif. Subyek
penelitian adalah komponen-komponen yang terlibat dalam kegiatan proses
pembelajaran yang meliputi pendidik, anak didik dan orang tua anak didik. Data
diperoleh melalui: pengamatan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles &
Huberman yang dilakukan melalui empat kegiatan utama, yakni: pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabasahan data
yang diperoleh, dilakukan dengan kredibilitas melalui pemeriksaan ketekunan
pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran anak usia dini di
Kelompok Bermain Griya Nanda DWP UIN Sunan Kaligaja Yogyakarta
menggunakan model sentra yaitu sentra balok, persiapan, seni/peran, bahan alam,
dan sentra imtaq. Pembelajaran diawali saat kehadiran anak di sekolah dengan
memberikan sambutan yang penuh keakraban. Kegiatan pembukaan (Ice Breaking)
dilakukan dengan melakukan gerakan senam ringan, berdo’a sebelum belajar,
mengucapkan syahadat, hafalan asma’ul husna, mengucapkan ikrar Griya Nanda.
Kegiatan inti diisi dengan aneka kegiatan bermain yang dipersiapkan guru yang
bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Waktu
istirahat diisi dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain.
Kegiatan praktek sholat bertujuan untuk menanamkan sikap untuk melakukan
ibadah dengan baik. Proses pelayanan pembelajaran anak usia dini diakhiri
dengan kegiatan penutup dengan menegaskan kembali kegiatan yang telah
dilakukan pada hari itu. Pola pembelajaran yang diterapkan di Kelompok Bermain
Griya Nanda efektif dalam melayani perkembangan anak, karena sudah sesuai
dengan pembelajaran tepat, yaitu: anak difasilitasi untuk melakukan hal beragam
sesuai minat dan kebutuhannya dan tenaga pendidik berperan sebagai fasilitator.
Dalam proses pembelajarannya anak bergerak dengan aktif, melakukan eksplorasi,
memunculkan inisiatif, menemukan problem solving, berkomunikasi aktif.
Tenaga pendidik menjalin hubungan yang akrab, hangat dan saling menghargai
dengan anak didiknya. Kegiatan belajar untuk merangsang aspek-aspek
perkembangan anak dilakukan secara terintegrasi. Bermain adalah strategi utama
bagi pembelajaran anak di KB Griya Nanda. Efektivitas dari pola pembelajaran
yang diberikan tersebut tampak menunjukkan perubahan yang makin baik pada
perilaku dan aspek-aspek perkembangan anak.
Kata kunci : Efektivitas, Pendidikan anak usia dini, Pola PembelajaranNIM. 1320431014 FITRIANI