Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:51:09ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-06-02T01:32:08Z2016-06-02T01:32:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20661This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/206612016-06-02T01:32:08ZPENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran
dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan
literasi dan disposisi matematis siswa, serta mengetahui peningkatan kemampuan
literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran discovery
learning dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel
bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran discovery learning dan
KAM dengan variabel terikat berupa kemampuan literasi dan disposisi matematis.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran
2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan siswa
kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas
kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pengumpulan data
dan instrumen pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa
soal pretest-posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis dan
catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP
dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan statistik parametrik barupa uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi
antar pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa. (2)
Peningkatan kemampuan leterasi matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antar pembelajaran dan
KAM terhadap disposisi matematis siswa. (4) Tidak terdapat perbedaan
peningkatan disposisi matematis secara signifikan antara siswa yang memperoleh
model pembelajaran discovery learning dan siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Discovery LearningNIM : 11600017 FITRIANI NURAMIRULMANAN