Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:23:28ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-27T07:21:41Z2017-07-27T07:21:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26985This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/269852017-07-27T07:21:41ZEKSPERIMENTASI METODE MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII
SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017Latar Belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa met
pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta belum bervari sehingga siswa merasa
bosan. Oleh karena itu peneliti mencoba menerap metode pembelajaran Mimicry-Memorization sebagai
suatu metode pembelaja yang bervariatif. Dengan metode ini, diharapkan adanya peningkatan penguas
mufradāt.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelaja mufradāt dengan metode
mimicry-memorization, dan (2) Mengetahui efektifi hasil penerapan metode mimicry-memorization
untuk meningkatkan penguas mufradāt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model
des eksperimen kuasi (Quasi Eksperimen). Kemudian objek dari penelitian ini ada siswa kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai ke kontrol. Dalam rangka mengumpulkan
data peneliti menggunakan teknik (pretest,posttest), observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis un menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan uji-T melalui progr SPSS
16 serta uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran mufra dengan metode
mimicry-memorization di kelas VIII C diawali dengan penjela aturan dan langkah-langkah
pembelajaran dengan cara meniru dan mengha mufradāt yang dilakukan secara berulang-ulang
yang pada akhirnya da meningkatkan penguasaan mufradāt pada siswa secara langsung dan otoma
Adapun kegiatan akhir yaitu merefleksi dan menyimpulkan bersama terha pembelajaran yang telah
dilakukan. (2) Penerapan metode mimicry-memorizat efektif meningkatkan penguasaan mufradāt siswa
kelas VIII SMP Muhammadi 8 Yogyakarta. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis uji T. Hasil
anali menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan mufradāt setelah penerapan met mimicry-memorization
lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifika 0,015 dimana lebih kecil dari 0,05, sesuai
dengan pengambilan keputusan p Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan
signifikan antara keduanya. Dari hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa met
mimicry-memorization efektif meningkatkan penguasaan mufradāt siswa kelas SMP Muhamadiyah 8
Yogyakarata.NIM. 13420032 FITRIANI NUR ALIFAH