Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:36:32ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-22T04:16:24Z2016-12-22T04:16:24Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23195This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/231952016-12-22T04:16:24ZEKSPERIMENTASI TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN
BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTSN BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN
AJARAN 2015/2016
SKRIPSIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan
pada pembelajaran bahasa Arab siswa eksperimen ( kelompok yang menggunakan teknik
make a match) dengan kelompok kontrol ( kelompok yang tidak menggunakan teknik make a
match) sebelum dan sesudah diadakan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas VIIIC dan kelas VIIIA di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016
sebanyak 45 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen
sejumlah 25 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol sejumlah 20 siswa. pengumpulan
data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara,dokumentasi dan tes.
Berdasarkan hasil uji “t” dari hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen
sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan teknik make a match, hasil analisis statistik
menunjukkan bahwa uji t posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
didapatkan nilai Sig. 0,647 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan uji t nilai pretest dan
posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig 0,000 0,05 yang artinya terdapat
peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelompok eksperimen.
Setelah diadakan treatment ( eksperimen ) dengan menggunakan teknik make a match
pembelajaran bahasa Arab pada maharah al-kalām,al-qirā`ah dan al-kitābah, maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik make a match
dapat membantu siswa aktif mengikuti pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar
bahasa Arab siswa MTs Negeri Bendosari Sukoharjo, walaupun tidak terdapat perbedaan
yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik make a match,
dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan teknik make a matchNIM. 10420063 FITRIA SHOLIHAH