Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:58:10ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-05-19T02:55:26Z2023-01-06T14:03:24Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12570This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/125702014-05-19T02:55:26ZANALISIS KOMPARATIF LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA 1.Berhasil atau tidaknya suatu proses belajar mengajar dapat diketahui dari prestasi yang
diperoleh seorang siswa semasa belajarnya yang berupa penambahan pengetahuan dan
kemahiran menuju kemajuan. Dengan demikian prestasi siswa dalam belajar bahasa Arab
adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam belajar bahasa Arab yang berupa penambahan
pengetahuan bahasa Arab atau kemahiran berbahasa Arab. Prestasi ini tentunya dipengaruhi
oleh beberapa faktor baik faktor internal seperti kecerdasan, kemauan belajar, perhatian untuk
belajar dan minat, sedangkan faktor eksternal seperti alat pelajaran, ruang dan penerangan
yang baik, waktu belajar yang cukup. Menurut peneliti latar belakang pendidikan termasuk
faktor eksternal, karena pendidikan dasar yang dilalui siswa sebelumnya sangat
mempengaruhi kemampuannya dalam bidang bahasa Arab.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MTsN
Yogyakarta 1, untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswaMTsN Yogyakarta 1
berdasarkan latar belakang pendidikannya, serta untuk mengetahui pengaruh latar belakang
pendidikan terhadap prestasi belajar bahasa Arabnya. Metode dalam pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi, interview dan
dokumentasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengajaran bahasa Arab di kelas II MTsN Yogyakarta 1
berlangsung tiga kali seminggu dengan waktu dua jam pelajaran dengan menggunakan
metode campuran yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan/tugas. Faktor pendukung
adalah mayoritas siswa memiliki buku bahasa Arab, perpustakaan yang memadai, dan guru
bidang studi yang mumpuni, sedangkan faktor penghambat adalah masih ada siswa yang
belum memiliki buku bahasa Arab, latar belakang pendidikan siswa mayoritas berasal dari
SD dan faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Latar belakang pendidikan
siswa kelas II MTsN Yogyakarta 1 berasal dari SD sebanyak 93,8%, dan berasal dari MI
sebanyak 6,4 %. Pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap prestasi belajar bahasa
Arab dapat dibuktikan, siswa yang bearsaldari MI lebih baik prestasinya belajar bahasa
Arabnya dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SD. Hal ini menujukkan bahwa latar
belakang pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar bahasa
Arab.NIM. 98423944 FITRIYAH