Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:28:14ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2012-09-03T17:10:02Z2015-10-13T01:35:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3632This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36322012-09-03T17:10:02ZDAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Kasus di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III)Fokus pada penelitian ini adalah membahas mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Perpustakaan MAYOGA, serta Pengembangannya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dampak implementasi sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi pengembangan perpustakaan di MAYOGA dan 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi sistem MBS khususnya di perpustakaan MAYOGA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis induktif. Subjek dari penelitian adalah informan yang berjumlah 11, dengan 2 sumber tambahan. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data induktif didasarkan pada teori Milles dan Hubermann yakni dengan cara 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan, dan 4) Verifikasi data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi MBS di Perpustakaan MAYOGA memberikan dampak yang positif bagi aspek pengembangan perpustakaan MAYOGA dengan dasar-dasar sebagai berikut yakni status perpustakaan yang semakin mantap, adanya pembiayaan rutin, gedung perpustakaan yang representatif, pengembangan koleksi secara berkala, pengembangan fasilitas perpustakaan secara bertahap, peningkatan SDM untuk tenaga perpustakaan, serta adanya inovasi pada layanan perpustakaan dan kegiatan promosi yang semakin beraneka ragam. Walaupun dalam praktiknya terdapat kendala seperti perhatian masyarakat dan manajer masih minim serta kadang pendanaan terhambat, namun secara umum implementasi MBS di perpustakaan MAYOGA berdampak positif bagi pengembangan perpustakaan sekolah, karena adanya semangat dari pengelola perpustakaan dan pihak sekolah dalam melaksanakan sistem Manajemen Berbasis Sekolah. FRISKA FAUZI - NIM. 05140031