Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:34:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-04-11T08:05:17Z2017-04-11T08:05:17Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25227This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/252272017-04-11T08:05:17ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ
DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAMLatar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan faktor utama
dalam menciptakan, menanamkan dan mewujudkan serta menyadarkan dan
memahamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik serta tidak hanya
mengajarkan aspek intelektual saja. Fenomena-fenomena tentang krisis
multidimensional pada realitas sosial dan spiritual, seperti kekerasan, kejahatan,
tawuran korupsi pada sisi sosial dan tindakan amoral, tawuran, korupsi, kurang
minat pada keagamaan pada aspek spiritual telah membuktikan bahwa perlu adanya
menciptakan, menanamkan, dan mewujudkan serta menyadarkan dan
memahamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penciptaan, penanaman, dan
perwujudan serta penyadaran dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat
dilakukan dengan memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj melalui nilai-nilai yang ada
didalamnya. Peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki nilai karakter mulia yang dapat
dijadikan sumber untuk menanaman nilai karakter mulia pada peserta didik.
Tujuan penelitian ini, (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj; (2) untuk mendeskripsikan
relevansi nilai-nilai pendidikan karakter peristiwa Isra’ Mi’raj dalam Pendidikan
Agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang
menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang
digunakan adalah historis-teologis, untuk mengungkap kembali kejadian masa
lampau berdasarkan waktu dan kemudian dimaknai nilai-nilai yang terkandung
didalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam peristiwa Isra’ Mi’raj
memiliki karakter mulia yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter.
Karakter yang diterkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj diantaranya adalah
pemahaman diri pada nilai sosial dan pemahaman diri pada nilai spiritual, sehingga
membantu menyadarkan dan memahamkan diri sebagai manusia dan membentuk
manusia yang ideal. Pendidikan karakter dalam peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki
relevansi terhadap Pendidikan Agama Islam, yakni dalam hal tujuan Pendidikan
Agama Islam; Pendidik; Metode; Peserta didik; Materi pembelajaran; dan Media
pembelajaran.NIM.13410138 FUNGKI FEBIANTONI FUNGKI FEBIANTONI