Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:17:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-22T02:29:10Z2016-12-22T02:29:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23161This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/231612016-12-22T02:29:10ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) DENGAN STRATEGI DREADLINES TERHADAP PENALARAN
MATEMATIKA DAN KOMUNIKASI MATEMATISPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan model
pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) dengan strategi
dreadlines terhadap penalaran matematika, dan 2) keefektifan model
pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) dengan strategi
dreadlines terhadap komunikasi matematis.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Variabel
penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran AIR dengan
strategi dreadlines serta variabel terikat yaitu penalaran matematika dan
komunikasi matematis. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9
Yogyakarta sebanyak 206 siswa sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas
VII E dan VII F. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan soal posttest
sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP untuk kelas eksperimen dan RPP
untuk kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis
penalaran matematika menggunakan statistika non-parameter inferensial yaitu uji
Mann-Whitney dan untuk menganalisis komunikasi matematis menggunakan
statistika parameter inferensial yaitu uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan
menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR)
dengan strategi dreadlines lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional terhadap penalaran matematika siswa, dan 2) pembelajaran
matematika dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually
and Repetition (AIR) dengan strategi dreadlines lebih efektif dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa.NIM. 12600045 FUTRI YENI LESTARI