Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:22:47ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-08-01T06:32:56Z2017-08-01T06:32:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27154This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/271542017-08-01T06:32:56ZUPAYA GURU DALAM MEMBENTUK
KECERDASANEMOSIONAL SISWA KELAS V MI AL HUDA
YOGYAKARTALatar belakang penelitian ini adalah kondisi kehidupan dewasa ini yang
semakin kompleks menyebabkan pentingnya kecerdasan emosional untuk dipahami,
dimiliki, dan diperhatikan proses pengembangannya agar dapat membantu seseorang
dalam menjalani kehidupan ini. Untuk itu, hendaknya kecerdasan emosional menjadi
perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai sarana dan peran guru
sebagai pendidik dirasa sangat penting untuk membina dan mengembangkan
kecerdasan emosional anak. MI Al-Huda Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan
telah menyisipkan kecerdasan emosional dalam kegiatan pembelajarannya khususnya
di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana kualitas
kecerdasan emosional siswa kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. (2) Mengetahui
program pembelajaran yang ada di MI Al-Huda Yogyakarta serta mendiskripsikan
upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa
kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. (3) Mengetahui kesulitan yang dialami guru dan
bagaimana cara guru mengatasinya dalam mengasah kecerdasan emosional pada
siswa kelas V MI Al-Huda Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk memperkaya wawasan mengenai kecerdasan emosional dan dapat
dijadikan acuan bagi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Al-
Huda Yogyakarta. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan collecting data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan dengan dua macam triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi
sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kecerdasan emosional
siswa kelas V sudah cukup baik, yang terdiri dari 5 aspek yaitu: kesadaran diri,
mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. (2) upaya guru
dalam membentuk kecerdasan emosional siswa yang terdiri dari 5 aspek (kesadaran
diri, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan keterampilan sosial) yaitu dengan
membiasakan siswa untuk berperilaku dan berakhlak baik, membiasakan siswa saling
tolong menolong dalam kebaikan, memberikan nasihat, memberikan reward, dan
memberikan jam belajar tambahan gratis. (3) faktor pendukung yaitu fasilitas sekolah
yang memadai, komunikasi yang baik, dan orang tua siswa. Faktor penghambat yaitu
ketidakdisiplinan siswa, perilaku asosial, dan lingkungan belajar.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, peran guru, faktor pendukung dan penghambatNIM. 10480025 Fadlun Haryadi