Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:16:56ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-05-03T03:00:58Z2016-06-02T01:30:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20570This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205702016-05-03T03:00:58ZPESANTREN PERSIS RANCABOGO GARUT TAHUN 2007-2012
(STUDI TERHADAP PROGRAM RAMAH ANAK)Kekerasan menjadi salah satu masalah yang dihadapi pesantren baik
kekerasan antar sesama santri maupun antar guru dengan santri biasanya terjadi
dengan alasan yang beragam namun kebanyakan karena urusan disiplin alias
pemberian sanksi. Persis menjadi pesantren yang mengalami masalah yang sama,
hal ini menjadi masalah dikarenakan akibat dari kejadian tersebut, santri banyak
yang keluar dan harus dikeluarkan karena berada di luar kendali atau tidak taat
aturan sehingga dari paradigma tersebut muncul sebuah ide yang dicetuskan
dalam program yang dikenal sebagai Pesantren Ramah Anak dengan menjadi
solusi dari masalah-masalah tersebut.
Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research)
dikarenakan data yang digunakan dalam penelitian ini lebih diutamakan kepada
arsip, hasil dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber yang bertujuan
untuk mendapatkan validitas data yang didapatkan serta kurangnya referensi cetak
yang membahas objek penelitian ini secara eksklusif. Adapun paradigma yang
digunakan untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori
Strukturalisme Fungsional yang digunakan untuk analisis kepada objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan program pesantren
ramah anak ini di tahun pertama (2007-2009) merupakan tahapan dari diskusi
antar pesantren dan organisasi terkait mengenai dasar yang digunakan dalam
pelaksanaan pesantren ramah anak, setelahnya ialah pemberian toolkit pada
masing-masing pesantren. Pada tahun lanjutan (2010-2012) merupakan masa
sosialisasi pesantren ramah anak untuk pengajar dan sebagian santri,
pengaplikasian program yang diterapkan pada seluruh aturan dan disiplin dengan
nilai yang telah diintegrasi, dan akhir program ini ditandai dengan munculnya
buku pedoman nilai-nilai pesantren yang digunakan untuk rujukan pada tahun
lainnya.NIM : 11120012 Faisal M Baldy NIM : 11120012