Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:06:39ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-04-16T06:59:14Z2019-04-16T06:59:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34650This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/346502019-04-16T06:59:14ZUPAYA GURU AQIDAH AKHLAK
DALAM MENGANTISIPASI PERILAKU BULLYING
DI MI AL-ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTAPenelitian ini berawal dari banyaknya kasus bullying siswa di
lingkungan madrasah, terlihat dari realitasnya masih adanya siswa yang
menjadi korban bullying, siswa yang takut untuk berada di madrasah,
disamping itu masih sering terjadi siswa yang beperilaku buruk pada
temannya, seperti menyebarkan kebohongan, mengucilkan, dan berkelahi
dengan temannya. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi peran lembaga
pendidikan untuk mengantisipasi perilaku bullying siswa, khususnya guru
aqidah akhlak yang mengampu pembelajaran aqidah akhlak siswa sebagai
panutan dalam mengaplikasikan nilai-nilai Islam. Berawal dari masalah
tersebut, MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta memiliki kasus serupa
dengan upaya guru aqidah akhlak yang dapat mengantisipasi perilaku
bullying siswa. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan
bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta,
mendeskripsikan upaya guru aqidah akhlak dalam mengantisipasi perilaku
bullying di MI Al-Islam Giwangan, dan mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam mengantisipasi
perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil
latar MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta. Subyek penelitian adalah guru
pengampu mata pelajaran aqidah akhlak, kepala madrasah, dan peserta
didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan
dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara
dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukan: bentuk-bentuk perilaku bullying di MI
Al-Islam Giwangan adalah perilaku bullying tingkat ringan (secara tidak
langsung), perilaku bullying tingkat sedang (secara verbal), dan perilaku
bullying tingkat berat (secara fisik). Upaya guru aqidah akhlak dalam
mengantisipasi perilaku bullying di MI Al-Islam Giwangan adalah dengan
pembelajaran aqidah akhlak, dengan penanaman keteladanan siswa,
dengan pembiasaan dan paksaan terhadap siswa, dan dengan memberikan
nasehat dan peringatan kepada siswa. Faktor pendukungnya adalah
pengaduan dari orang tua siswa, kerjasama yang baik dengan sesama
guru, kegiatan rapat guru dan orang tua siswa, program-program kegiatan
sekolah, dan dukungan dari kepala madrasah, dan faktor penghambatnya
adalah kondisi pribadi siswa, masalah orang tua siswa, aspek lingkungan
siswa, pengawasan sekolah siswa, dan pengaruh media.NIM. 12410126 Faqih Utsman