Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:55:34ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-03-13T02:03:48Z2019-03-13T02:03:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33771This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/337712019-03-13T02:03:48ZPENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF
ULAR TANGGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN
KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)Peneliti bertujuan untuk (1) mengembangkan produk permainan edukatif ular
tangga sebagai media pembelajaran matematika materi FPB dan KPK. (2)
mengetahui kelayakan produk permainan edukatif ular tangga sebagai media
pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD/MI. (3) mengetahui respon
siswa terhadap produk permainan edukatif ular tangga sebagai media
pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD/MI.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan R&D (Research
and Development). Prosedur penyusunan produk permainan edukatif ular tangga
yaitu menggunakan tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design),
Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk
permainan edukatif ular tangga dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer
(teman sejawat) dan 2 guru MI Ma’arif Blendangan, serta direspon oleh 18 siswa
kelas IV MI Ma’arif Blendangan.
Dari penelitian media permainan edukatif ular tangga berhasil dikembangkan
sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukkan dengan kualitas produk permainan
edukatif ular tangga berdasarkan penilaian ahli media adalah Cukup yang
mendapatkan skor 4,67. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik
yang mendapatkan skor 4,7. Berdasarkan penilaian 2 guru MI Ma’arif Blendangan
adalah Kurang dengan mendapatkan skor 4,8. Dengan demikian, produk
permainan edukatif ular tangga layak digunakan sebagai media pembelajaran
matematika materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV SD/MI. Berdasarkan
respon dari 18 siswa kelas IV MI Ma’arif Blendangan diperoleh respon positif
dengan skor rata-rata 9,61 dan persentase keidealan 96,1% sehingga permainan
edukatif ular tangga dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran
matematika.NIM. 14480050 Ficky Taufikurrochman