Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:40:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-30T07:09:51Z2017-10-30T07:09:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27993This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/279932017-10-30T07:09:51ZJARINGAN KOMUNIKASI KOMUNITAS PECINTA FILM ISLAMI
DALAM MENSOSIALISASIKAN FILM ISLAMI KEPADA
MASYARAKAT YOGYAKARTAFitriani : 13210015. Jaringan Komunikasi Komunitas Pecinta Film Islami dalam
Mensosialisasikan Film Islami kepada Masyarakat Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Setiap individu memiliki karakteristik komunikasi yang berbeda, hal
tersebut akan melahirkan kebiasaan dan perilaku yang berbeda di dalam sebuah
komunitas dari masing-masing anggota. Maka dalam penelitian ini meninjau dan
mengidentifikasikan jaringan yang terbentuk di dalam komunitas tersebut, serta
mengetahui peran masing-masing individu di dalam komunitas.
Penelitian ini menggunakan teori jaringan komunikasi dan teori sosialisasi,
sedangkan analisis penelitiannya menggunakan analisis jaringan komunikasi dan
analisis datanya menggunakan analisis data sosiometri. Adapun untuk sumber
data didapatkan dari data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung oleh
peneliti melalui quesioner (angket) dan data sekunder yaitu data yang diperoleh
melalui dokumentasi, artikel, catatan-catatan terkait penelitian di dalam media
internet. Variabel di dalam penelitian ini terdapat dua yaitu jaringan komunikasi
KOPFI sebagai variabel bebas (X) dan sosialisasi KOPFI terhadap film Islami
sebagai variabel terikat (Y), kemudian dari variabel (Y) terdapat empat indikator
utama di dalamnya yaitu indikator pendidikan, indoktrinisasi, pemberian nasihat
dan pemberian petunjuk.
Dalam penelitian ini menentukan responden 19 orang, dari analisis data
sosiometri menyebutkan individu-individu yang paling banyak dipilih menjadi
partner komunikasi yaitu individu #11, #10, #3, #1 dan #18. Kemudian individu
yang sedikit di pilih oleh individu lainnya menjadi partner komunikasi yaitu
individu #8, #9, #6, #16, #2, #7, dan #12. Sedangkan individu yang tidak di pilih
menjadi partner komunikasi diantaranya individu #4, #5, #13, #14, #15, #17, dan
#19. Kemudian derajat keterhubungan individu di dalam sistem jaringan
komunikasi KOPFI dari 19 responden tersebut senilai 0-88,8% dan dari derajat
keterhubungan tersebut dibagi ke dalam tiga tingkatan yaitu terdapat 2 individu
yang masuk dalam derajat tinggi, 5 individu derajat sedang dan 12 individu
berada dalam derajat keterhubungan rendah. Masing-masing individu memiliki
rata-rata keterhubungan 0,625, sedangkan derajat keterbukaan sistem jaringan
komunikasi KOPFI adalah 20%. Adapun struktur jaringan komunikasi
membentuk struktur lingkaran, karena semua anggota memiliki wewenang yang
sama dalam memberikan informasi terkait film islami. Dalam melakukan
sosialisasi terdapat empat nilai yang diterapkan diantaranya pertama pendidikan
yaitu pemahaman individu di KOPFI tersebut disampaikan kepada masyarakat;
kedua indoktrinisasi yaitu KOPFI memiliki gagasan atau paham tertentu
mengenai film islami yang kemudian di sosialisasikan kepada masyarakat; ketiga
pemberian nasihat yang disampaikan setiap kegiatan yang mengenai pentingnya
film islami bagi khalayak penonton film; keempat pemberian petunjuk film islami
tersebut layak di konsumsi oleh khalayak tertentu atau tidak.NIM. 13210015 Fitriani