Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:24:46ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-05-03T08:56:51Z2017-05-03T01:56:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7552This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/75522013-05-03T08:56:51ZEFEKTIVITAS PPL-KKN INTEGRATIF TAHUN 2012 DALAM
PEMBENTUKAN CALON GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL BAGI
MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI MTsN
PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTAHarishul Ilmi. Efektifitas PPL-KKN Integratif dalam Pembentukan Calon
Guru bahasa Arab Profesional di MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2013.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahuai efektifitas PPL-KKN
dalam Pembentukan calon guru bahasa Arab dan memberi masukan terhadap progam
PPL-KKN Integratif.
Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan, dengan mengambil lokasi di
MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara,
dokumentasi dan trianggulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan
teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Hebermen yaitu pengambilan
data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan kegiatan PPL-KKN
Integratif sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua belah pihak, baik dari
kampus, sekolah dan mahasiswa. Observasi madrasah, observasi pembelajaran
praktik pembelajaran, praktik persekolahan dan praktik pengabdian dan
pengembangan madrasah telah selesai dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang
dilakukan penulis, efektivitas pelaksanaan PPL-KKN Integratif terhadap
pembentukan calon guru bahasa Arab Profesional bisa dilihat dari dua hal, yaitu :
efektif dari segi proses dan efektif dari segi hasil. Dalam proses pelaksanaannya
sudah efektif dengan melihat dan hasil analisis dalam mengasah dan membentuk
kompetensi calon guru bahasa Arab profesional. Berdasarkan dari segi hasil,
mahasiswa mendapatkan nilai diatas batas minimal kelulusan, yaitu A-. Faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PPL-KKN sebagai masukan bagi
Fakultas Tarbiah dan Keguruan khususnya bagi mahasiswa PBA.NIM. 09420151 HARISHUL ILMI