Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:07:17ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-24T04:26:45Z2019-01-24T04:26:45Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32709This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/327092019-01-24T04:26:45ZSTRATEGI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI MAN 1 GUNUNGKIDUL D.I
YOGYAKARTALatar belakang penelitian ini bermula dari pentingnya budaya literasi di
lingkungan sekolah, perpustakaan sebagai sarana penunjang pembelajaran harus mampu mengelola
perpustakaan sebagai alat untuk membangun budaya literasi. Peran perpustakaan sangat penting untuk
meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah terutama dalam membiasakan membaca buku maupun
meminjam buku untuk dibaca baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, perkembangan teknologi
membuat minat baca maupun menulis semakin berkurang sekali kebanyakan lebih suka searching di
internet yang akibatnya akan mempengaruhi tingkat kemalasan untuk membaca maupun menulis. Peran
perpustakaan di sini mampu merancang strategi untuk membangun kembali budaya literasi terutama di
lingkungan sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat di
lapangan mulai dari transkip sampai dengan interpretasi data. Penelitian ini dilakukan di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Gunungkidul.
Hasil penelitian ini dapat dirangkum pertama, strategi yang digunakan perpustakaan dalam
pengelolaannya yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelolaan perpustakaan. Strategi
pengelolaan yang dilakukan yaitu mempunyai SDM yang profesional dalam mengelola perpustakaan,
pemustaka yang bersifat umum sehingga masyarakat juga bisa menggunakan perpustakaan, sarana dan
prasarana yang memadai, koleksi perpustakaan yang selalu update setiap tahunnya, pengunaan sistem
klasifikasi Electronic-Dewey Decimal Classification Edition 23 (E-DDC 23, menyediakan fasilitas
untuk membantu proses pembelajaran, menggunakan layanan teknis dan layanan publik dalam mempermudah
kegiatan perpustakaan. Kedua, Pengembangan budaya literasi yang dilakukan yaitu bengkel bahasa dan
sastra, program siklus literasi, stasiun kerja literasi, bengkel literasi. Ketiga, literasi yang
dilakukan adalah lomba literasi sebagai sarana pengembangan bakat dan tambahan koleksi perpustakaan
hasil karya siswa, diskusi buku merupakan strategi untuk peningkatan kualitas berbicara siswa
maupun memahami sebuah permasalahan dalam buku, buku literasi untuk mengontrol literasi siswa, 15
menit membaca sebagai strategi membiasakan membaca, reward literasi sebagai daya tarik setiap
kegiatan yan dilakukan perpustakaan untuk membudayakan literasi.NIM. 14490057 HARIYANTO