Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:23:51ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-10-21T04:31:17Z2017-02-24T07:12:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14230This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/142302014-10-21T04:31:17ZUPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR
BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL
KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS II B MIN SEMANU
TAHUN PELAJARAN 2013/2014Hartini, “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa
Indonesia dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas II B
MIN Semanu Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014
Tujuan penelitian yang dilakukan di MIN Semanu siswa kelas II B adalah
sebagai berikut : (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran model kooperatif
tipe student teams achivement division (STAD) dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas II B MIN Semanu. (2) mendiskripsikan prestasi belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas II B MIN Semanu setelah menggunakan model kooperatif
tipe student teams achivement division (STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif
dengan mengambil latar MIN Semanu. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, evaluasi dan analisisnya datadata
informasi dari siswa, guru, melalui dua tahap siklus penelitian tindakan kelas
kelas dengan kegiatan urutan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.
Dari hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan peningkatan
dibandingkan pada tahap pra siklus (observasi awal). Pada tahap pra siklus nilai
rata-rata hasil belajar 61,5 dan ketuntasan klasikalnya 61%, sedangkan pada siklus
I Nilai rata-rata peserta didik 67,80 ketuntasan klasikalnya 67%. Pada siklus II
peningkatan sebesar 14% dengan nilai rata-rata 75,60dan prosentase ketuntasan
75%, dari motivasi siswa dapat dilihat dari peningkatan mulai pra tindakan
26,60% kategori rendah menjadi 72,99% kategori tinggi pada siklus II. Ini berarti
batas minimal motivasi dan prestasi siswa sudah terpenuhi karena nilai sudah
diatas KKM.NIM. 13485253 HARTINI