Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:32:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-06-07T02:26:58Z2016-06-07T02:26:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20338This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/203382016-06-07T02:26:58ZPENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN NAHWU SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH DINIYAH SMK AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTAHasanudin. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada
Pembelajaran Nahwu Sebagai Sumber Belajar Mandiri Di Madrasah Diniyah
SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan
Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi
mobile learning pembelajaran nahwu pada materi i'ra>b pengertian dan
pembagiannya untuk handphone android bagi santri Madrasah Diniyah SMK Al
Munawwir Krapyak Yogyakarta. Disamping itu juga penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kelayakan aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu
berdasarkan penilaian tiga guru nahwu dan respon 17 santri Madrasah Diniyah
SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu penelitian pengembangan
berdasarkan lima tahap : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Produksi
(Development), Implementasi (implementation) dan Evaluasi (evaluation). Untuk
mendapatkan penilaian kelayakan produk yang dihasilkan digunakan angket yang
berisikan 15 daftar cek (chek list) yang dinilai oleh tiga guru nahwu Madrasah
Diniyah SMK Al Munawwir. Sedangkan untuk respon santri digunakan daftar
angket yang berisi 11 pertanyaan yang di isi oleh 17 santri Madrasah Diniyah
SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning
pembelajaran nahwu. Berdasarkan hasil penelitian, menurut tiga ustadz Madrasah
Diniyah SMK Al Munawwir aplikasi mobile learning ini mendapatkan skor 57
dari skor maksimal 75 dan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase
keidealan 76%. Sedangkan respon yang dihasilkan terhadap aplikasi mobile
learning pembelajaran nahwu menurut 17 santri mendapatkan skor 10,88 dari
skor masksimal 11 dengan persentase keidealan sebesar 98,91 %. Dari hasil
penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning
pembelajaran nahwu ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri
untuk santri Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Kata kunci: penelitian pengembangan, i'ra>b, mobile learning, sumber belajar mandiri.NIM. 09420104 HASANUDIN