Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:37:33ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-11T13:33:28Z2021-10-06T05:24:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8825This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/88252013-07-11T13:33:28ZPENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS
PENDEKATAN SETS UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X
Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama untuk menghasilkan buku
petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS untuk peserta didik
SMA/MA kelas X yang memiliki karakteristik tertentu. Adapun tujuan kedua dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku petunjuk praktikum kimia
berbasis pendekatan SETS untuk peserta didik SMA/MA kelas X.
Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia dikembangkan dengan model
prosedural. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh
dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi, dan peer
reviewers. Instrumen penilaian buku petunjuk praktikum kimia berupa skala yang
berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh pendidik kimia dan
peserta didik SMA/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Penilaian yang
dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 20 indikator penilaian untuk
pendidik kimia dan 4 aspek penilaian dengan 14 indikator penilaian (respon)
untuk peserta didik. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan
dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan
kualitas buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku petunjuk
praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan
karakteristik menghubungkan keempat unsur pendekatan Science, Environment,
Technology, and Society (SETS) yaitu menghubungkan antara konsep sains yang
dipelajari dengan teknologi penerapan konsep tersebut serta pengaruh teknologi
terhadap masyarakat dan lingkungan baik kelebihan maupun kekurangannya.
Kualitas buku petunjuk praktikum yang telah disusun berdasarkan penilaian 7
pendidik kimia SMA/MA memperoleh skor rata-rata 616 dengan persentase
keidealan sebesar 87,86% adapun menurut 10 peserta didik SMA/MA kelas X
memperoleh respon positif dengan skor 12,6 dan persentase keidealan sebesar
90% sehingga layak untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran kimia.
Kata kunci: penelitian pengembangan, buku petunjuk praktikum, pendekatan
SETSNIM. 09670036 HENY INAYATUN NI`MAH