Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:08:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-03-06T04:04:04Z2019-03-06T04:04:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33586This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/335862019-03-06T04:04:04ZPENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK
B RA SEMAI BENIH BANGSA AL FIKRI MANCA KRETEKSalah satu bidang yang menunjang perkembangan sebuah bangsa adalah
melalui kegiatan kewirausahaan (entrepreneurship). Pencetakan wirausaha sangat
perlu dilakukan sejak dini. Pencetakan wirausaha yang dimulai sejak usia dini bukan berarti mengajarkan teori berwirausaha secara nyata akan tetapi
mengajarkan anak untuk dapat memiliki karakter yang dimiliki oleh seorang entrepreneur. Karaker tersebut tertuang dalam nilai-nilai entrepreneurship, di dalamnya terdapat karakter-karater yang baik untuk ditanamkan pada anak
tentunya dengan cara dan metode yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-
nilai entrepreneurship pada anak usia dini melalui pendidikan karakter yang
dilaksanakan di RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat mendukung dan menghambat
penanaman nilai-nilai entrepreneurship pada anak usia dini melalui pendidikan karakter di kelompok B RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses
analisis data, peneliti melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai entrepreneurship di kelompok B RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek dilaksanakan
melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter menggunakan metode dari IHF
yaitu pendidikan sembilan pilar karakter yang dijadikan karateristik yang dimiliki oleh RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. Proses penanaman nilai-
nilai entrepreneurship dilakukan melalui knowing, feeling dan acting. Kegiatan
knowing dilaksanakan untuk mengenalkan anak terhadap konsep dan pengertian
karakter dan nilai-nilai entrepreneurship yang diajarkan. Kegiatan feeling
dilakukan dengan cara membacakan cerita atau dongeng kepada anak, sedangkan kegiatan acting dilakukan melalui kegiatan mempraktikan atau bermain peran. Faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai entrepreneurship meliputi, komunilasi yang baik, pemahaman mengenai perasaan anak, sumber dan media, tenaga kependidikan. Sedangkan faktor yang menghambat adalah ketidak
sesuaian dengan RKH, perbedaan latar belakang dan pola asuh serta kondisi atau
suasana hati anak144330013 HERU ASRI SUBEKTI C PENDIDIKAN