Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:18:20ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-19T07:23:21Z2017-02-14T03:25:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11100This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/111002014-03-19T07:23:21ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA
DISAYANG ALLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN
AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAHHesti Rohani, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Moga Bunda
Disayang Allah dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah perkembangan dunia yang
semakin maju justru membuat nilai budi pekerti luhur semakin luntur. Oleh karena
itu penting adanya penanaman akhlak kepada anak sejak usia dini. Pembentukan
manusia yang berbudi pekerti luhur adalah proses pembentukan kepribadian yang
tidak bisa tumbuh dengan tiba-tiba dan serta merta, tetapi dengan melalui proses.
Penanaman nilai budi pekerti luhur tidak hanya dapat diperoleh dari pendidikan
formal saja namun dapat pula melalui media lain seperti media elektronik, media
cetak, media massa, dan lain-lain. Namun sayangnya banyak masyarakat yang
beranggapan bahwa peran sastra khususnya novel hanya dipandang sebagai
bacaan ringan dan hiburan belaka. Padahal di dalam novel banyak sekali
mengandung makna dan nilai-nilai pendidikan. Novel Moga Bunda Disayang
Allah adalah salah satu novel anak yang sarat akan nilai-nilai pendidikan di
dalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai
pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang
Allah dan bagaimana relevansinya dengan pembelajaran Akidah Akhlak di
Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah memahami
nilai-nilai dalam karya sastra dan juga menambah wawasan tentang Agama Islam
khususnya pendidikan akhlak.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dan bersifat
deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
obyektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi
(Content Analysis). Obyek dalam penelitian ini adalah Novel Moga Bunda
Disayang Allah karya Tere Liye.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak
yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah adalah akhlak kepada
Allah yang meliputi beribadah kepada Allah, berdzikir kepada Allah, ikhlas,
syukur kepada Allah dan berdo’a kepada Allah; akhlak kepada diri sendiri yang
meliputi pantang menyerah, sabar, pemaaf dan optimis; akhlak kepada sesama
manusia yang meliputi menghormati tamu, tolong menolong, empati, dan
menghargai orang lain. Selain itu juga terdapat akhlak tercela yang harus kita
hindari, yaitu minum-minuman keras dan tak acuh. (2) Terdapat relevansi antara
nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dengan
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, yaitu adanya kesesuaian
antara nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda
Disayang Allah dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.NIM. 09480059 HESTI ROHANI