Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:35:42ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-12T02:25:49Z2016-08-12T02:25:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21604This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/216042016-08-12T02:25:49ZKOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DENGAN SISWA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1B MIN TEMPEL YOGYAKARTA
SKRIPSI
Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh
Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam
Disusun oleh:
Halimatu Khoirun Nisa’
NIM : 12480040
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
2016Komunikasi pembelajaran merupakan elemen yang sangat krusial pada
proses pembelajaran. Proses komunikasi pembelajaran tersebuat akan
mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran di kelas IB
MIN Tempel, Yogyakarta masih didapati 25 siswa dari 32 siswa yang
kesulitan dalam berkomunikasi, sehingga sangat berpengaruh pada partisipasi
dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu
dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut
siswa untuk aktif berkomunikasi, berani mengungkapkan pendapat, dan
mencoba, salah satunya dengan menggunakan metode komunikasi yang tepat.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk
komunikasi guru dengan siswa yang terjadi di kelas IB MIN Tempel
Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data pada
penelitian ini adalah dengan cara menyusun secara sistematis data yang
diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi,
mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit,
melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan
yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami.
Analisis data dilakukan dengan metode analisis yang bersifat deskriptifkualitatif,
yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen
penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk komunikasi
pembelajaran guru dan siswa meliputi empat bentuk komunikasi yaitu
komunikasi publik, komunikasi kelompok, komunikasi interpersonal dan
komunikasi dengan media. Adapun bentuk komunikasi yang lebih dominan
sekitar 70% terjadi pada proses pembelajaran di kelas IB MIN Tempel
Yogyakarta adalah komunikasi interpersonalNIM : 12480040 Halimatu Khoirun Nisa’