Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:07:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-11T08:44:00Z2017-10-11T08:44:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27441This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/274412017-10-11T08:44:00ZIMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK
DALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
DI MI KOTA YOGYAKARTAKhamdiyah. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Ranah
Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kota
Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.
Penelitian ini berdasarkan fakta: (1) siswa belum mampu menghubungkan
antara pengetahuan yang abstrak dengan bagaimana pengetahuan itu akan
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari; (2) di Madrasah Ibtidaiyah siswa
memiliki keterbukaan pada informasi baru dan kemauan untuk berubah sehingga
siswa harus melakukan langkah-langkah kecil untuk terampil berpikir; (3) masih
dikesampingkannya ranah psikomotorik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi guru dalam memilih pendekatan
yang sesuai pada proses pembelajaran dalam mengembangkan ranah psikomotorik
siswa.
Penelitian ini menggunakan teori Barringer, tentang pendekatan saintifik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa
reduksi data, display data dan verifikasi, kemudian pengabsahan data dan
kesimpulan data dari fakta-fakta secara khusus kemudian disimpulkan secara
umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rencana pembelajaran yang dibuat
sudah baik, karena tujuannya membuat siswa aktif; (2) proses pembelajaran
belum sesuai dengan langkah pendekatan saintifik yaitu: mengamati, menanya,
mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan informasi; (3) strategi yang
digunakan masih cenderung pada aktifitas fisik dan kesinambungan materi sejarah
dengan kehidupan sehari-hari oleh guru seolah guru banyak memberi suapan
materi pada siswa; (4) sumber informasi tidak hanya dari buku, tetapi dari
pengalaman hidup sehari-hari; (5) contoh yang diberikan sesuai keadaan siswa;
(6) siswa mampu merumuskan pertanyaan sesuai materi; (7) penilaian masih
cenderung menekankan ranah kognitif; (8) guru dapat memberikan pengalaman
konkret sebagai tindak lanjut pembelajaran. Cara mengembangkan ranah
psikomotorik siswa yaitu: (1) membaca buku, mendengar penjelasan guru, dan
merumuskan pertanyaan yang diajukan; (2) mengamati penjelasan guru dan
berdiskusi dengan teman; (3) bercerita dengan runtut tentang sejarah dengan
menyampaikan hasil diskusi dengan teman dan hasil mengamati penjelasan guru.
Hasil pengembangan ranah psikomotorik siswa sebagai berikut: (1) menelaah
elementer-elementer buku sejarah; (2) menganalisis fenomena di masa lalu
dengan masalah sosial di lingkungan sekitar; (3) bercerita dengan runtut tentang
sejarah; (4) meningkatkan keterampilan mengajukan pertanyaan produktif.NIM: 1520420005 KHAMDIYAH