Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:18:39ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-02-11T04:03:21Z2019-02-11T04:03:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33050This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/330502019-02-11T04:03:21ZANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI
AL-JARIM DAN MUSTAFA AMINANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI
AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi negara-negara non-Arab
dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satunya adalah kurang tersedianya bahan ajar yang baik. Bahan
ajar yang baik dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena menentukan berhasil atau tidak seorang
pembelajar dalam mencapai kompetensi kebahasaan yang dibutuhkan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis content kitab Al- Naḥwu Al-Wādih karya Ali
Al-Jarim dan Musthafa Amin menurut perspektif Abdullah Al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah. Penelitian
ini menggunakan metode deduktif analisis. Data diperoleh melalui mempelajari dokumen- dokumen yang
berkaitan dengan penelitian. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Abdullah Al-Gali dan
Abdul Hamid Abdullah yaitu menyusun buku ajar bahasa Arab berdasar tiga asas, asas budaya, asas
bahasa, dan asas psikologi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al-Naḥwu Al-Wādih dalam asas budaya, asas bahasa dan
pendidikan, dan asas psikologi sudah bisa dikatakan memenuhi dan baik untuk dijadikan referensi
pembelajaran bahasa Arab terutama pembelajaran nahwu bagi pembelajar non-Arab.NIM. 1420410225 KHOERUNNIDA, SPDI