Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:19:04ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-30T02:40:21Z2013-08-30T02:40:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9166This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91662013-08-30T02:40:21ZPENDEKATAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA
KHOLIFAH. Pendekatan Afektif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Islam pada
hakekatnya tidak hanya bertujuan untuk proses alih pengetahuan tetapi juga
proses alih nilai-nilai ajaran Islam dan membentuk sebuah karakter anak agar
menjadi perilaku menetap, namun faktanya dalam proses internalisasi nilai-nilai
(afektif) tidak semudah yang dibayangkan. Sehingga aspek afektif seringkali
terabaikan. Akibatnya peserta didik banyak mengetahui pengetahuan, baik itu
moral maupun yang berkaitan dengan agama, namun mereka kurang memiliki
sikap dan sistem nilai secara positif terhadap apa yang mereka ketahui, sehingga
mereka tidak mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Akibat dari tidak
tertanamnya nilai-nilai dalam kehidupan adalah terjadinya kemerosotan moral
pada peserta didik. SMA Negeri 5 Yogyakarta, sebagai sekolah model berbasis
afektif religiusitas, sangat memperhatikan aspek afektif dalam mendidik anakanak
didiknya. Hal ini terlihat dalam program-program keagamaanya. Yang
menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan
pembelajaran PAI dan hasil pelaksanaanya serta faktor pendukung dan
penghambatnya dalam proses internalisasi nilai-nilai (afektif) di SMA Negeri 5
Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara
kritis tentang pendekatan yang dipakai dalam proses internalisasi nilai-nilai
(afektif) dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,
dengan mengambil latar SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data
yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan; Bahwa dalam pembelajaran PAI di SMA
Negeri 5 Yogyakarta tidak hanya mengejar masalah kecerdasan saja (kognitif,)
namun juga memperhatikan aspek afektif. Pembentukan aspek afektif dibentuk
melalui pelajaran PAI di dalam kelas dan program-program sekolah berbasis
keagamaan. Faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai (afektif)
antara lain; dukungan dari berbagai, lingkungan sekolah yang religius, kebijakan
sekolah, fasilitas yang memadai dan adanya kerjasama antara berbagai pihak.
Sedangkan untuk faktor penghambatnya antara lain; siswa berasal dari
masyarakat yang heterogen, pergaulan negatif siswa di luar sekolah, dan kurang
luasnya masjid sekolah.
NIM. 09410253 KHOLIFAH