Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:52:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-02-08T04:23:51Z2017-02-08T04:23:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23927This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/239272017-02-08T04:23:51ZPENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS
DONATUR DOMPET DHUAFA YOGYAKARTATujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran
terhadap loyalitas donatur Dompet Dhuafa Yogyakarta. Strategi pemasaran
merupakan hal yang penting untuk lembaga dengan strategi pemasaran maka
tujuan lembaga akan mudah dicapai dan juga dapat meningkatkan loyalitas
donatur. Sedangkan loyalitas donatur merupakan salah satu sifat kesetiaan donatur.
Kesetiaan tersebut terwujud karena adanya kenyamanan donatur dalam
menggunakan produk ataupun jasa tertentu. Maka menjadi penting sebuah
penelitian tentang pengaruh strategi pemasaran dalam mempengaruhi loyalitas
donatur.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
sedangkan dalam pengambilan sampe digunakan metode random sampling yaitu
memilih responden sebagai sampel secara acak. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah kuesiner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik
analisis yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi,
dan uji hipotesis.
Hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS Versi 22 for windows.
Hipotesis dari penelitian pengaruh strategi pemasaran terhadap Loyalitas Donatur
Dompet Dhuafa Yogyakarta adalah Ha: strategi pemasaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Loyalitas Donatur Dompet Dhuafa Yogyakarta. Ho: strategi
pemasaran tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Donatur di
Dompet Dhuafa Yogyakarta. Hasil penelitian terhadap 60 donatur menunjukan
bahwa hasil signifikansi menunjukan nilai F sebesar 300,89 dengan probabilitas
0,000. F hitung sebesar 300.892, sedangkan F tabel 3,16 artinya F hitung F tabel.
Nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima, artinya
strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas donatur
Dompet Dhuafa Yogyakarta. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran
yang tepat antara produk, harga, promosi, dan tempat dapat mempengaruhi
loyalitas donatur.
Nilai R Square diperoleh sebesar 0.838 menunjukan bahwa loyalitas
donatur dipengaruhi oleh strategi pemasaran sebesar 83,8% ,sedangkan sisanya
sebesar 16.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.NIM. 12240088 KHUSNUL MUBAROK