Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:04:46ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-04-18T14:36:50Z2016-01-26T02:07:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7255This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72552013-04-18T14:36:50ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS
EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
GROUP TO GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran
Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe
Group To Group dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap
peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak tahun
ajaran 2012/2013 semester ganjil pada pokok bahasan operasi pecahan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan
desain Control Group Pretest-Posttest Design (desain kelompok pretest-posttest
kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel bebas berupa pembelajaran
Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe
Group To Group dan variabel terikat berupa hasil belajar matematika. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak, Bantul tahun
ajaran 2012/2013 sebanyak 219 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya,
diperoleh kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pre-test untuk mengetahui
kondisi awal siswa dan pemberian post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample ttest,
yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan
homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Group To
Group lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap
peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandak.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,009 < 0,05 dan
nilai sig (1-tailed) = 0,0045 < 0,05 maka H0 ditolak. Dengan kata lain,
pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran
kooperatif tipe Group To Group lebih efektif daripada pembelajaran konvensional
terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini juga tampak adanya
peningkatan antara rata-rata pre-test dengan post-test, yaitu rata-rata nilai Gain
dari kelas eksperimen adalah 20,3125 dan dari kelas kontrol adalah 12,8125.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Realistic Mathematics Education (RME)
dengan Group To Group, Hasil Belajar.
NIM. 08600042 KRIS NURLILAH ZULFAIDAH