Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:30:38ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-03-21T08:01:06Z2019-03-21T08:01:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33597This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/335972019-03-21T08:01:06ZFAKTOR-FAKTOR KELEMAHAN MAHARAH AL-QIRA’AH
SISWA KELAS X IIS 1 MAN 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kelemahan mahārah alqirā’ah
siswa kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta dan
upaya guru dalam mengatasi kelemahan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling berupa
purposive sampling atau pengambilan berdasarkan tujuan. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab,
masih terdapat kendala berupa kelemahan siswa dalam mahārah al-qirā’ah.
Adapun faktor kelemahan mahārah al-qirā’ah siswa kelas X IIS 1 MAN 2
Sleman Yogyakarta yaitu pertama: Faktor Linguistik: minimnya kemampuan
siswa dalam pemahaman kaidah bahasa Arab dan bekal kosakata, minimnya
kemampuan siswa dalam menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam kalimat
yang tepat, membaca teks qirā’ah masih seperti membaca ayat Al-Qur’an, dan
kesulitan dalam penentuan tanda baca, intonasi dan penekanan kalimat. Kedua:
Faktor Non Linguistik: terbatasnya waktu yang disediakan dalam pembelajaran
bahasa Arab dan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda. Ketiga:
Faktor Psikologi Belajar: rendahnya motivasi dan minat belajar bahasa Arab
siswa, sehingga ketika pembelajaran berlangsung banyak dari siswa yang masih
kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Upaya-upaya yang dilakukan
guru untuk mengatasi kelemahan al-qirā’ah siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Sleman
Yogyakarta yaitu memberikan tanya jawab kepada siswa yang belum paham akan
materi yang sedang dipelajari, membuat metode-metode alternatif agar siswa
mudah memahami meteri, memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar
dengan teman yang lebih tahu, memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar
bahasa Arab baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah, dan membuat
siswa agar tidak menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit.
Kata Kunci: Faktor, Kelemahan Mahārah Al-Qirā’ah, Psikologi BelajarNIM. 14420105 Kuntantri Watifah