Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:01:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-09T09:19:40Z2015-10-09T09:19:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17473This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/174732015-10-09T09:19:40ZPERAN GURU PAI DALAM REVOLUSI MENTAL SISWA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SMP N 1 YOGYAKARTAPenelitian ini dilatarbelakangi adanya pengaruh globalisasi yang telah
menimbulkan dampak cukup pelik bagi generasi bangsa, degradasi moral yang kian
tak terbendung dikalangan remaja. ketika ancaman pengaruh negatif semakin
menguat mengancam masa depan siswa, akan tetapi tidak semua siswa yang belajar
di sekolah tersebut meskipun hanya sebagian kecil. Namun pada kedua sisi tidak
adanya perbedaan yang mencolok anatara karakter setiap siswa. Artinya, pendidikan
karakter dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Yogyakarta dapat dikatakan
berhasil. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk
melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana
Peran Guru PAI Dalam Revolusi Mental Siswa Dalam Perspektif Agama Islam Di
SMP N 1 Yogyakarta
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif
kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah
sampling (purposive sampling). Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan
wawancara, observasi, atau catatan lapangan, dan dokumentasi sedangkan analisis
datanya mengunakan deskriftib analitik, dan pada ahirnya kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk karakter siswa di SMP
N 1 Yogyakarta menggunakan pendekatan komprehensif. Strategi revolusi mental
mengunkakan pendekatan moral reasoning (penalaran moral) yaitu pembelajaran
yang di tempuh dengan tahapan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan
moral melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Yogyakarta
melakukan beberapa strategi yaiti: pertama mengajarkan dan memberikan
pemahaman tentang kebaikan , keadilan kedua guru sebagai suritauladan sekaligus
sebagai pengasuh dan pembibing ketiga menentukan priroitas karakter, keempat,
praksi proritas refeleksi dan refeksi yaitu pendalaman untuk melihat sejauh mana
keberhasilan dan kegagalan pendidikan karakter peran revolusi mental guru adapun
dampak dari revolusi mental pendidikan tersebut terhadap karakter siswa memiliki
dampak yang cukup baik, dari segi pengetahuan, perasaan dan tindakan yang
mencerminkan karakter baik dalam kesehariannya. Adapun nilai-nilai karakter yang
dimiliki yakni religius, tanggung jawab, jujur, kreatif, demokrasi, disiplin, mandiri,
toleransi, kerja keras, cinta kebersihan/ peduli lingkungan, sopan santun, dan
sederhana SMP N 1 Yogyakarta dalam pembentukan karakter adalah sesuai antara
karakter yang di tanamkan dengan ondikator keberhasilan karakter dari gejala atau
fakta hasil observasi, bentuk keteladanan pembiasaan pengetahuan keterlibatan orang
tua dan masyrakat kunci keberhasilan penanaman karakter. Adapun faktor prndukung
dan penghambat keberhasilan penanaman karakter peserta didik yang dianalisis
mengunakan analisis SWOT berdasarkan kondisi inernal dan ekteral SMP N 1
Yogyakarta.NIM. 1320410022 MUHAMMAD IHWAN