Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:36:56ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-22T01:38:16Z2016-12-22T01:38:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23143This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/231432016-12-22T01:38:16ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI
DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI
MATEMATIS SISWATujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara
pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Tujuan lainnya
adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Structured
Dyadic Methods (SDM) dilengkapi dengan Mind Map terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.
Penelitian quasi experiment ini menggunakan non-equivalent control
group design melibatkan 62 siswa yang sudah dikelompokkan ke dalam dua kelas,
yaitu kelas VIII A dan VIII C pada SMP Negeri 2 Godean. Variabel dalam
penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe SDM
dilengkapi dengan Mind Map, variabel terikat berupa kemampuan pemahaman
konsep dan disposisi matematis, serta variabel kontrol meliputi KAM. Instrumen
yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan skala disposisi
matematis. Data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur yang sebelumnya
telah dilakukan uji prasayarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara
pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa. Ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap
peningkatan disposisi matematis siswa. Pembelajaran kooperatif tipe SDM
dilengkapi dengan Mind Map lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan
pemahaman konsep dan disposisi matematis daripada pembelajaran konvensional.NIM. 12600024 WAHYU SRI HARTUTIK