Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:44:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-10T04:38:57Z2016-09-29T03:23:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10057This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/100572014-03-10T04:38:57ZPENGARUH PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA BAITUL MAAL WAT
TAMWIL (BMT) MARHAMAH WONOSOBOPerkembangan dan pertumbuhan BMT di Wonosobo dalam beberapa
tahun terakhir cukup pesat. Dua dekade terakhir ini sudah ada sedikitnya 10 BMT
yang berdiri di Wonosobo. Fenomena ini tentunya menimbulkan persaingan antar
BMT semakin ketat. BMT dituntut untuk bekerja keras untuk memberikan
pelayanan yang terbaik kepada anggotanya agar tidak berpindah ke BMT pesaing.
Hal ini juga dialami oleh BMT Marhamah Wonosobo. BMT Marhamah dituntut
untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar tetap eksis dan mampu
bersaing dengan BMT lain yang ada Di Wonosobo. Kepuasan anggota merupakan
salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah BMT.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk, tarif jasa,
tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability terhadap kepuasan
anggota. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100
anggota BMT Marhamah Wonosobo, yang diperoleh dengan menggunakan
accidental sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh
dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis
kuantitatif meliputi uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien
determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang
diperoleh dalam penelitian secara hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan
dengan memberi keterangan dan penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat
pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,563 yang berarti bahwa kepuasan anggota
pengaruhnya dapat dijelaskan oleh ketujuh variabel independen yaitu produk, tarif
jasa, tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability sebesar 56,3%,
dan sisanya yaitu 43,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model
penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel tarif jasa dan
reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota.
Sementara, produk, tangible, responsiveness, assurance dan emphaty postif dan
tidak signifikan terhadap kepuasan anggota. Berdasarkan uji F menunjukkan
bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu
produk, tarif jasa, tangible, responsiveness, assurance, emphaty dan reliability,
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota.NIM. 08390089 WAHYU WIDODO