Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:58:12ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-17T00:36:27Z2017-07-17T00:36:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26362This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/263622017-07-17T00:36:27ZHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi
belajar matematika dan kemampuan menggunakan algoritma dengan prcstasi
belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 Y ogyakarta tahun
pelajaran 2002/2003 baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama.
Penelitian ini menggunakan kelas I SLTP Muharnmadiyah 3
Y ogyakarta sebagai populasi ,dan dari 7 kelas diambil secara acak dua kelas yaitu
lA dan IF, yang ditentukan berdasarkan Teknik Random Sampling. Data yang
dikumpulkan diperoleh melalui angket dan tes. Instrumen motivasi belajar
matematika terdiri atas 33 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas
0,8663. Instrumen kemampuan menggunakan algoritma terdiri atas 5 butir soal
yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,5962. Instrumen prestasi belajar
matematika terdiri atas 21 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,64.
Analisis data menggunakan analisis ref:,rresi dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan
signifikan antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika
siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 YOf:,')'akarta, dengan koefisien korelasi r). 1=
0,452, dan koefisien korelasi parsial rv 1•2 = 0,327, yang ditunjukkan oleh
persamaan regresi Y = 6,465 + 0,104 X1 dengan koefisien determinan 0,204,
sumbangan relatif 56,94% dan sumbangan efektif 40,01%. Ada korelasi positif
dan signifikan antara kemampuan menggunakan algoritma dengan prestasi belajar
matematika siswa kelas I SLTP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan koefisien
korelasi Tv2 = 0,525 dan koefisien korelasi parsial ry2•1 = 0,4322, yang ditunjukkan
oleh persamaan regresi Y = 10,346 + 0,181X2, dengan koefisien deterrninan
0,276, sumbangan relatif 43,03% dan sumbangan efektif 30,26%. Ada korelasi
positif dan signiftkan antara motivasi belajar matematika dan kernampuan
menggunakan algoritma dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SL TP
Muhammadiyah 3 Yof:,ryakarta, dengan korelasi rv_ 12 = 0,594 yang ditunjukkan
oleh persamaan TCf:,rresi y = 4,835 + 0,0687 Xt '+ 0,143 x2 dengan koefisien
deterrninan 0,353.NIM. 98433987 WARYONAH