Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:38:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-19T02:26:36Z2016-01-19T02:26:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18993This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/189932016-01-19T02:26:36ZMAHARAT AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH AL MADAH FI KITAB AL SILSILAH "AL 'ARABIYYAH BAYNA YADAYK")Dalam pembelajaran bahasa, secara umum bertujuan untuk
membantu pembelajar agar mampu menguasai bahasa target. Ini berarti
bahwa tujuan pembelajaran bahasa adalah untuk membantu siswa maupun
mahasiswa untuk berinteraksi dengan bahasa sasaran dalam berbagai situasi
sosial secara efektif atau dengan kata lain tujuan pembelajaran bahasa Arab
adalah mengembangkan kemampuan berbicara pada pembelajar bahasa
Arab. Dengan dernikian mereka dapat mengatasi situasi kehidupan seharihari
dalam segala bidang di negara yang berbahasa Arab terutama dalam
masalah bahasa. Dalam hal ini kemahiran berbicara menjadi akses paling
utama dalam menyampaikan pikiran dan maksud tujuan untuk
berkomunikasi dan berinteraksi antara satu dan lainnya dan tentunya, harus
dengan bahasa yang mereka gunakan.
Sebagian ahli mengatakan bahwa kesuksesan,dalam belajar bahasa
adalah berkaitan dengan faktor metode, sebagian lain pengajar yang
kredibel dan media pembelajaran yang memadai, ada juga materi yang baik
dan tepat dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, pada dasamya semua
mengarah pada proses pembelajaran. Dalam skripsi ini penulis mencoba
untuk membahas tentang satu dari empat kemampuan dasar dalam balajar
bahasa, yaitu kemampuan berbicara- atau yang biasa dikenal dengan istilah
Maharal al-Kalam - dalam pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif
Teori-teari pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan menganalisa
dari segi materi yang disajikan dalam buku " al-'Arabiya Baina Yadayka,
Silsilatfi Ta'lim al-Lughah ai-'Arabiya li Ghairi a-Natiqina Biha, Kitab alTalib
al-Awwal "yang merupakan salah satu buku Ta'lim bahasa Arab yang
- dalam pandangan penulis paling baru baik dalam hal metode, materi
maupun pendekatan- dikhususkan untuk nan-Arab.
Penelitian ini adalah mumi pustaka. Adapun batasan masalah dalam
penelitian ini adalah 1). Apa itu kemahiran berbicara dan tearinya dalam
pembelajaran bahasa Arab? 2). Apa materi yang digunakan dalam
pembelajaran kemahiran berbicara dalam buku '"' al-'Arabiya Baina
Yadayka" buku ke-1?. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode
pengumpulan data dan analisis data dengan dua cara yaitu metade Induktif
dan Deduktif. Dengan dua metade ini penulis akan menganalisa data-data
yang terkumpul secara bergantian atau dalam bahasa John Dewey disebut
"Reflextive Thinking".02421356-01 WASTOKIM