Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:39:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-10T03:42:01Z2014-03-10T03:42:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9981This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/99812014-03-10T03:42:01ZPERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR
DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL Weni Nurdiyana. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam
Pembelajaran SKI di MTs Ibnul Qoyyim Putra. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang peneleitian ini adalah sekolah memberikan pelayanan
pendidikan yang terbaik dengan berbagai cara agar proses belajar-mengajar dapat
terlaksana dengan baik, salah satunya dengan supervisi kepala sekolah terhadap
guru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana peran kepala
sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran; apakah upaya yang dilakukan
oleh kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran SKI; apa saja
faktor yang mendukung dan menghambat dalam melaksanakan supervisi
pembelajaran SKI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah
sebagai supervisor dalam pembelajaran SKI di MTs Ibnul QOyyim Putra Bantul;
mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam
pembelajaran SKI; mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran
kepala sekolah sebagai supersivor dalam pembelajaran SKI.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti ini menggunakan
pendekatan administrasi pendidikan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala
sekolah MTs Ibnul Qoyyim Putra, guru SKI, karyawan. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam pembelajaran SKI di MTs Ibnul Qoyyim Putra diantaranya;
Membantu guru memahami tujuan pendidikan, membantu guru melihat secara
lebih jelas dalam memahami keadaan dan keebutuhan siswa, membantu guru
dalam memperkaya pengalaman belajar sehingga suasana pembelajaran bisa
menggembirakan anak didik, memberikan leader yang efektif dan demokratis. (2)
Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam
pembelajaran SKI di MTs Ibnul Qoyyim Putra adalah meningkatkan kemampuan
guru SKI dalam menyusun program pembelajaran, meningkatkan kemampuan
guru SKI dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. (3) Faktor pendukung
kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran SKI di MTs Ibnul Qoyyim
Putra meliputi: kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru dan siswa,
sarana yang menunjang dalam KBM SKI, administrasi yang lengkap. Adapun
faktor penghambat kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran SKI
meliputi: Waktu yang terbatas dan terbatasnya dana. NIM. 08410089 WENI NURDIYANA