Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:39:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-09-17T08:01:22Z2018-08-24T02:56:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9257This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/92572013-09-17T08:01:22ZPELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN
PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP TUNANETRA DI JURUSAN PAI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
WIDO YUFRI ASHAR. Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan
Pendidikan Inklusif Terhadap Tunanetra di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,
2013.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebijakan pemerintah yang
membuka akses bagi setiap warga negara untuk mengenyam pendidikan inhklusif
atau terbuka. Pendidikan ini dimaksudkan untuk memberikan peluang bagi setiap
peserta didik dalam mendapatkan pengajaran yang layak dan bebas dalam
menentukan pilihan yang diinginkannya. Konsep pembelajaran inklusif ini dapat
kita amati pada perkuliahan di kelas jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini tampak lebih jelas dengan membaurnya
mahasiswa difabel netra dengan mahasiswa normal pada umumnya. Yang menjadi
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan
pembelajaran pendekatan inklusif di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan bagaimana pengembangan pembelajaran
pendidikan pendekatan inklusif terhadap tuna netra di Jurusan PAI Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pelaksanaan pembelajaran
pendekatan inklusif di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, dapat menghasilkan kebijakan yang bisa dilakukan oleh
segala pihak yang terkait untuk mengembangkan pendidikan pendekatan inklusif
di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi
penelitian Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah
dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan
dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan
kemudian dibandingkan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya penyelenggaraan pembelajaran
yang cukup inklusif terhadap mahasiswa difabel netra di jurusan PAI, wujud dari
pelaksanaan pembelajaraan berpendekatan inklusif terhadap difabel netra itu
meliputi interaksi, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi
pembelajaran, PPLKKN integratif dan skripsi yang dijalani oleh mahasiswa
difabel netra. 2) Dengan adanya pembelajaran yang inklusif terhadap tunanetra di
jurusan PAI, untuk itu ada beberapa hal yang dapat dikembangkan dalam
pengembangan pembelajaran inklusif dari tahun ketahun, mulai dari jenis
pengembangan jangka panjang, jenis pengembangan jangka menengah dan jenis
pengembangan jangka pendek.
NIM. 09410255 WIDO YUFRI ASHAR