Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:14:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-14T07:56:25Z2016-09-29T03:28:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10728This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/107282014-03-14T07:56:25ZPENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE, DAN UKURAN
PERUSAHAAN PADA SAAT IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING)
TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM
DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2007-2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang nilai
perusahaan pada saat Initial Public Offering (IPO) yang diprediksi melakukan
manajemen laba. Adanya asymetri informasi yang menyertai kebijakan IPO
terjadi akibat tindakan manajemen perusahaan yang bersifat oportunistik untuk
melakukan manipulasi terhadap kinerjanya dengan melakukan manajemen laba.
Pada penelitian ini informasi laporan keuangan seperti manajemen laba, leverage
dan ukuran perusahaan akan diteliti perngaruhnya terhadap nilai perusahaan pada
saat IPO.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda, digunakan untuk menguji pengaruh manajemen laba,
leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada saat IPO.
Mendeteksi perusahaan yang melakukan manajemen laba dilihat dari nilai
discretionary accrual. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive
sampling dengan kriteria perusahaan yang listing di Daftar Efek Syariah yang
melakukan IPO pada periode tahun 2007-2010 diluar perusahaan sektor
perbankan dan lembaga keuangan sejenis. Berdasarkan kriteria tersebut, maka
sebanyak 50 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perusahaan sampel terbukti
melakukan manajemen laba pada saat IPO. Asymetri informasi yang terjadi saat
IPO memungkinkan perusahaan melakukan manajemen laba untuk mendapatkan
reaksi pasar yang positif. Variabel manajemen laba tidak berpengaruh signifikan
terhadap nilai perusahaan saat IPO, Alasannya adalah karena investor tidak
merespon perusahaan yang melakukan manajemen laba. Variabel leverage tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan saat IPO, karena investor
menganggap bahwa perusahaan yang tingkat hutangnya tinggi memiliki risiko
yang tinggi pula. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap nilai perusahaan saat IPO pada tingkat signifikansi 5%. Hasil ini
konsisten dengan dugaan bahwa semakin besar ukuran perusahaan, maka semakin
tinggi keyakinan investor akan kemampuan perusahaan dalam memberikan
tingkat pengembalian investasi. NIM. 08390104 WINDA ARLIANA