Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:25:27ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-28T01:41:31Z2016-01-28T01:41:31Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19104This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/191042016-01-28T01:41:31ZPEMBELAJARAN FIKIH BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP
DAN APLIKASINYA DALAM PERILAKU KESADARAN LINGKUNGAN
SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTAWIWI DWI DANIYARTI. Pembelajaran Fikih Berwawasan Lingkungan
Hidup dan Aplikasinya Dalam Perilaku Sosial Siswa Kelas X di MAN Tempel
Sleman Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kerusakan lingkungan,
terjadi banyak bencana yang menyebabkan lingkungan hidup terganggu, oleh
sebab itu mata pelajaran Fikih di MAN Tempel yang mengkaji perbuatan manusia
dari dalil-dalil syar‟i dan terintegrasi dengan lingkungan hidup dapat dijadikan
salah satu solusi untuk membenarkan perilaku manusia sesuai dengan ajaran Islam
mulai dari bangku madrasah. Maka sangat penting adanya perencanaan
pembelajaran / RPP yang jelas dalam mata pelajaran Fikih untuk menghasilkan
pembelajaran yang terarah dan teraplikasikan dalam perilaku kesadaran
lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Fikih
berwawasan lingkungan hidup dan aplikasinya dalam perilaku kesadaran
lingkungan siswa di MAN Tempel serta faktor yang mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana dalam
metode penelitian kualitatif ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Supaya data dapat dikatakan valid, maka perlu uji
keabsahan data dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran
(RPP) Fikih di MAN Tempel belum menggambarkan berwawasan lingkungan
hidup, namun secara eksplisit dalam pembelajaran sudah dapat dikatakan
berwawasan lingkungan hidup karena menggunakan media pembelajaran dan
metode pembelajaran yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan sarana
lingkungan hidup yang ada di sekitar madrasah. (2) Pembelajaran Fikih yang ada
di MAN Tempel berpengaruh dalam pembentukan perilaku kesadaran lingkungan
pada siswa kelas X. Ini didukung oleh beberapa alasan, yaitu antara lain: materi
pembelajaran dalam Fikih terkait lingkungan hidup, metode pembelajaran dan
materi yang memanfaatkan sarana lingkungan hidup, kompetensi inti dalam
Kurikulum Tiga Belas yang berwawasan lingkungan serta dibantu dengan sistem
madrasah / sekolah adiwiyata, kegiatan dan komitmen dari madrasah untuk
mewujudkan siswa-siswi yang sadar lingkungan (3) Faktor-faktor yang
mempengaruhi teraplikasinya pembelajaran Fikih berwawasan lingkungan dalam
perilaku kesadaran lingkungan hidup adalah keteladanan, motivasi, dan cara
mengajar guru yang dapat diterima dan disenangi oleh siswa-siswi. Selain itu dari
diri siswa yang sudah menyenangi dan menyayangi lingkungan, tulisan-tulisan
yang tertempel di dinding secara tidak langsung dapat dijadikan pengingat akan
menjaga lingkungan hidup bagi siswa-siswi.NIM. 11410091 WIWI DWI DANIYARTI