Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:01:26ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-02-01T01:22:26Z2016-02-01T01:22:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19130This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/191302016-02-01T01:22:26ZPERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTAPenelitian ini berangkat dari persoalan kerukunan antarumat
beragama yang perlu ditanamkan sejak dini dalam diri peserta didik.
Sekolah menjadi lembaga pendidikan strategis yang mampu mengarahkan
peserta didik untuk bersikap toleran terhadap sesama. Sehingga tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) menjelaskan tentang peran guru Pendidikan
Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama
siswa untuk mewujudkan kerukunan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. (2)
mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai
toleransi antar umat beragama siswa untuk mewujudkan kerukunan di
SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi,
dengan sumber data Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI,
Siswa dan Guru non muslim di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Data yang
sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang
berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peran guru
agama Islam SMP N 4 Yogyakarta dalam penanaman nilai-nilai toleransi
pada aspek pembelajaran, tercermin dari (1) guru mengorganisir siswa
dikelas dengan menekankan penghormatan terhadap sesama siswa. (2)
guru menekankan sikap menghargai ketika ada siswa yang sedang
berbicara di dalam kelas. Kedua, peran guru agama Islam SMP N 4
Yogyakarta dalam penanaman nilai-nilai toleransi pada aspek kegiatan
keagamaan, ditunjukkan oleh guru PAI berupa (1) sikap kerjasama dalam
kegiatan keagamaan (tadarus sentral, peringatan hari besar Islam, buka
bersama). (2) saling membantu antarwarga sekolah tanpa memandang
latar belakang agama seperti menengok dan bela sungkawa ketika ada
warga sekolah yang sedang mengalami kesulitan. Ketiga, faktor
pendukung dalam penanaman nilai-nilai toleransi di SMP N 4 Yogyakarta
berupa lingkungan sekolah yang kondusif, dorongan kepala sekolah,
tersedianya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu
jam pelajaran agama yang relatif sempit, kurangnya kerjasama antar guru
muslim dalam mengadakan kegiatan keagamaan dan belum tersedianya
ruangan yang memadai khususnya untuk siswa non-muslim yang kadang
ditempatkan di ruang lab saat kegiatan keagamaan berlangsung.
Kata Kunci: toleransi, keagamaan, dan sekolahNIM. 11470044 WULAN PUSPITA WATI