Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:25:24ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-02-13T02:55:25Z2018-02-13T02:55:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29450This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/294502018-02-13T02:55:25ZPENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING
(PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCETujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang paling
berpengaruh antara pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model
kooperatif tipe TSTS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran
konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui manakah yang paling
berpengaruh antara pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model
kooperatif tipe TSTS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran
konvensional terhadap peningkatan self confidence.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain posttest only group.Variabel penelitian ini terdiri dari
dua variabel bebas berupa pendekatan PBL dan model pembelajaran kooperatif
tipe TSTS dan dua variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah
matematika dan self confidence. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII MTs N 6 Sleman tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 160 siswa, dengan sampel
penelitian terdiri dari 3 kelas sebanyak 94 siswa yaitu kelas VII A, VII D, dan VII
E. Kelas VII D sebagai kelas kontrol, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 1, dan
kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpul data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah posttest kemampuan pemecahan masalah
dan postscale self confidence. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur
(one way anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan
Microsoft Excel 2007.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan PBL
dengan model kooperatif tipe TSTS paling berpengaruh terhadap peningkatan
kemampuan pemecahan masalah dan self confidence dibandingkan pemelajaran
dengan pendekatan PBL dan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan
pendekatan PBL lebih berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan
masalah dan self confidence dibandingkan dengan pembelajaran konvensionalNIM. 13600034 ZAINAL EFENDI