Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:50:37ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-04-25T00:53:55Z2017-05-03T07:33:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11989This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/119892014-04-25T00:53:55ZUPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs N GALUR KULON PROGOLatar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar bahasa
Arab siswa di MTs N Galur Kulon Progo. Idealnya, dalam pembelajaran bahasa
Arab siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik motivasi intrinsic maupun
ekstrinsik sehingga proses belajar mengajar bahasa Arab dapat berlangsung
dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang
upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa dan
mengetahui hasil yang dicapai guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa
Arab siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan
untuk memahami fenomena yang terjadi di MTs N Galur Kulon Progo.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) upaya yang dilakukan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab diantaranya: memberikan ceramah
dalam membentuk kesadaran pada siswa tentang pentingnya belajar bahasa Arab,
memilih metode yang sesuai dengan kondisi siswa, menyederhanakan meteri yang
sulit atau banyak, menciptakan lingkungan belajar yang konduktif, memberi nilai,
hukuman dan evaluasi (2) hasil yang dicapai oleh guru bahasa Arab dalam
meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab belum maksimal. Hal tersebut
diketahui berdasarkan wawancara dan observasi dengan deskripsi sebagi berikut.
a) Sebagian siswa kurang memperhatikan guru. b) Suasana kelas kurang konduktif
c) Antusiasme bertanya siswa masih rendah d) Tidak seratus persen siswa
mengerjakan tugas rumah (PR)NIM.09420059 ZAINI WAFA