Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:52:29ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2023-03-22T09:33:11Z2023-03-27T05:04:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57287This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/572872023-03-22T09:33:11ZHadis-Hadis Kesejahteraan Sosial: Sebuah Kajian Hadis TematikPenulisan buku ini ditekankan untuk membahas
persoalan sosial yang selama ini menjadi isu sosial dan keagamaan.
Karena itu, hadis sosial ini ikut berkontribusi dalam menangani
masalah sosial. Sebab, Islam secara normatif dan konseptual
memiliki ajaran yang menjelaskan tentang hidup dan kehidupan.
Proses penulisan buku ini memang mengalami kendala terkait
dengan referensi mutakhir tentang hadis sosial, sehingga perlu
pengayaan, integrasi dan interkoneksi keilmuan, sehingga perlu
penjelasan komprehensif tentang kehidupan sosial.- Zainudin2023-03-22T09:24:10Z2023-03-27T05:05:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57286This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/572862023-03-22T09:24:10ZDAKWAH DAN KERUKUNAN
ANTARUMAT BERAGAMA DI INDONESIADalam buku ini memberikan
informasi tentang dakwah saat ini yang terjadi di Indonesia,
bahwah gerakan dakwah di Indonesia memiliki karakter yang
unik yaitu ada dakwah yang bercorak kultural, adaptasi dengan lingkungan dan ada yang bercorak literalis tanpa kompromi
dengan buadaya lokal.
Begitu juga realitas dakwah yang ada di Indonesia
sekarang banyak diwarnai dengan simbol-simbol kelompok
aliran keagamaan yang kadang bisa memunculkan problem bagi
yang beda aliran. Realitas warna-warni gerakan dakwah tersebut
perlu dihadapi dengan sikap yang bijak dan arif. Sebab, jika para
pelaku dakwah mementingkan ideologi kelompoknya, tentu
akan menimbulkan ketegangan relasi sosial.Selain itu, realitas keragaman budaya, agama, dan etnis
adalah sebuah keniscayaan, sehingga perlu bekal komprehensif
wawasan keanekaragaman atau kebhinnekaan di Indonesia,
supaya tidak ada benturan antara orang yang beda keyakinan.
Dengan demikian, diperlukan pemahaman yang komprehensif
tentang dakwah dan keragaman kehidupan sosial di Indonesia- Zainudin2021-01-22T18:25:29Z2021-10-24T23:16:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41887This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/418872021-01-22T18:25:29ZPROYEKSI MODERASI BERAGAMA DI INDONESIAUntuk mewujudkan kehidupan yang hamonis antar umat beragam di Indonesia, setiap warga negara harus memiliki pemikiran yang moderat yaitu respek terhadap orang beda agama dan mengakui keberadaan orang lain. Moderasi beragama memiliki proyeksi menuju kehidupan yang harminis, rukun dan damai antar umat beragama dengan prinsip, Inklusif : Masyarakat yang terbuka dalam menghadapi perbedaan dan keragaman. Moderat : umat
yang tengah, tidak ekstrim, adil dan berimbang. Toleran : menghargai perbedaan agama. Equality : persamaan dihadapan hukum. Peace : menuju masyarakat yang damai. Berangkat dari beberapa kasus intoleran dan konflik sosial keagamaan yang berbasis agama, negara Indonesia perlu untuk
memasyarakatkan moderasi beragama. Sebab, dengan sikap moderat dalam beragama akan bisa tercapai kerukunan antar umat beragama. Untuk menciptakan kerukunan umat beragama, moderasi beragama harus dijadikan sebagai life style bagi warga negara Indonesia dalam kehidupan sosialnya. Aksi nyata moderasi beragama adalah mengakui keberadaan agama yang
berbeda.- Zainudin2020-11-16T02:19:33Z2021-10-29T03:38:32Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40020This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/400202020-11-16T02:19:33ZTELAAH KRITIS TERHADAP SAHIH AL-BUKHARI (Studi Kitab Sahih al- Bukhari Nihayah Usturah Karya Rasyid Ailal)Dalam literatur hadis disebutkan bahwa hampir semua ulama menyatakan kitab sahih al-Bukhari termasuk kitab paling sahih setelah al- Qur’an. Begitu juga para ulama memberikan pujian terhadap intelektualitas imam Bukhari dan kitabnya sahih al-Bukhari yang memiliki kesempurnaan dalam merekam kembali sabda Rasulullah, baik dari segi sanad maupun matan. Reputasi tinggi yang dimiliki kitab sahih al-Bukhari tampaknya menjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan setelah banyak pemikir yang mengkritisi terhadap kitab sahih al-Bukhari. Salah satu orang yang mengkritik Kitab sahih al-Bukhari adalah Rasyid Ailal dalam bukunya sahih al-Bukhari Nihayah Usturah. Kritik Rasyid Ailal terhaadap Imam Bukhari adalah Imam Bukhari itu manusia biasa, bisa salah dan bisa benar. Selanjutnya menurut Rasyid Ailal, kodifikasi hadis dan perangkat ulum al- hadis adalah sebuah tragedi, karena terlalu dipaksakan. Menurut Rasyid Ailal kitab sahih al-Bukhari adalah kitab dongeng. Sedangkan Imam Bukhari sendiri termasuk orang yang majruh (cacat) dan matruk al-hadis (riwayat hadisnya tidak valid). Selain itu dalam pemikiran Rasyid Ailal menyebutkan bahwa penulis kitab sahih al-Bukhari eksistensinya masih majhul (belum jelas), sehingga keberadaan dan kredibilitas kitab sahih al- Bukhari perlu dipertanyakan.- Zainudin2020-08-10T05:07:10Z2020-08-10T05:07:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40024This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/400242020-08-10T05:07:10ZDAKWAH DAN KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA DI INDONESIA-- Zainudin2013-06-20T09:38:49Z2013-06-20T09:38:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8259This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/82592013-06-20T09:38:49ZMEMBENDUNG PENYAKIT MASY ARARAT (JAWABAN ATAS FENOMENA JUDI TOGEL DI DESA SRIHARDONO PUNDONG BANTUL)Nowadays, particularly in community village, the practice of
trade of gambling coupon which was called Togel is very often
founded. The excistency of Togel gambling is really as a problem
for many Moslems, especially poor men, that it can influence
the community way of life. The integration between dakivah and
government is one of way to execute the problem of Togel
gambling. The contribution of dakwah for executing this problem
can be formed in the shape of religious recitation forums, religious
dialogue, and establish the spirit of religion.
Meanwhile, the government initiative is making the clear action
and laxing down the law for Togel gambling person. The good
action of dakivah is the best way to optimalisize dakivah action,
so that it could press Moslem behavior in treading Togel
coupon.- ZAINUDIN2013-06-25T11:28:26Z2013-06-25T11:28:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8382This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/83822013-06-25T11:28:26ZDAKWAH RAHMATAN LIL-'ALAMIN: KAJIAN TENTANG TOLERANSI BERAGAMA
DALAM SURAT AL-KAFIRUN
Masyarakat Islam pada saat ini sangat memerlukm
pemberdayaan lembaga dakwah dalam rangka peruh
menuju masyarakat yang sejahtera, damai dan tolerar
sebenarnya untuk pembinaan intern umat Islarr
perubahan sosial dan sebagai kritik realitas sosia
ungkapan dalam dakwah memiliki peran strategis
konsolidasi religius untuk membangun masyarakat Islam
rahmah dan toleran dalam kehidupan sosial. - ZAINUDIN2014-09-09T01:41:56Z2017-01-17T06:09:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13927This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/139272014-09-09T01:41:56ZKESEJAHTERAAN SOSIAL MELALUI ZAKAT: STUDI TENTANG REALISASI UU ZAKAT NOMOR 23 TAHUN 2011
(
WELFARE JURNAL ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL, VOL. 1, NO. 1, JANUARI-JUNI 2012
)
Social welfare in Indonesia can be better achieved whenever zakat (religious-based philantrophy) is managed seriously and professionaly. To attain the target is through zakat regulation which aims at managing zakat by transparancy and accountability framework. The presence of zakat regulation no 38/ 1999 which has been amendeed by zakat regulation no 23 /2011, is legal justification on zakat management in Indonesia. So far, the management is dominated by Islamic mass organizations as well as government organizations. The regulation will manage zakat in sentralistic manner which can be recognized as the weakness of the regulation itself due to society’s distrust toward the zakat committee. In other side, the strength of the regulation is flexibility and simplicity as less zakat organizations (lembaga amil zakat) will be involved.
- ZAINUDIN2016-07-27T01:50:34Z2016-07-27T01:51:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21001This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/210012016-07-27T01:50:34ZDibandingkan Bencana Alam Kontlik Sosial-Agama Lebih BerbahayaKonflik sosial-agama sering mencuat
ke permukaan dan penanganan sering terlambat.
Kondisi ini teijadi karena tokoh sosial-agama
kurang melakukan komunikasi. Padahal konflik
sosial-agama lebih berbahaya dibandingkan bencana
alam. Konflik sosial-agama penyembuhan butuh
waktu sangat panjang.- ZAINUDIN