Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:35:54ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-05-19T05:19:05Z2014-05-19T05:19:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12581This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/125812014-05-19T05:19:05ZEKSPERIMENTASI ACCELERATED LEARNING PADA PENGAJARAN FIQH DI KELAS I MAN LFT IAIN SUNAN KALIJAGAIlmu fiqh adalah ilmu dengan obyek pembahasan berupa perbuatan mukallaf (muslim yang
telah baligh) dilihat dari segi ketetapan hukum syariat, dimaksudkan untuk memberikan
batasan bagi setiap mukallaf terhadap sesutu yang diwajibkan atau diharamkan. Sebagai
sebuah mata pelajaran agama, sudah selayaknya dilihat bukan hanya sebagai ilmu
pengetahuan, akan tetapi standar nilai yang harus diaplikasikan secara kontekstual dan aktual
bagi kehidupan siswa. Untuk itu diberikan strategi pengajaran yang dapat menarik minat
siswa sehingga materi dapat menginternal dalam diri siswa. Accelerated Learning sebagai
suatu strategi dalam proses pembelajaran dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan fiqh.
Penelitian ini mencoba untuk mengujicobakan strategi Accelerated Learning pada
pengajaran Fiqh di klas I MAN LFT IAIN Sunan Kalijaga yang tentunya mempunyai tujuan
untuk mengetahui efisiensi waktu pada penerapan strategi Accelerated Learning pada
pengajaran fiqh dan membuktikan perbedaan perubahan kemampuan siswa pada materi fiqh
yang diajarkan antara siswa yang tergabung dalam kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu tentang penerapan strategi
Accelereted Learning pada pengajaran fiqh di kelas I MAN LFT IAIN Sunan Kalijaga,
sedang dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi atau pengamatan, metode
interview atau wawancara, metode dokumentasi dan metode tes.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengajaran Accelerated Learning dapat
diterapkan pada pengajaran fiqh dan terbukti lebih efisien dalam penggunaan waktu
dibandingkan dengan strategi pengajaran fiqh yang lain. Ditinjau dari hasil belajar,
pengajaran fiqh dengan menggunakan strategi Accelerated Learning dibandingkan dengan
pembelajaran fiqh yang menggunakan strategi yang lain tidak terdapat perbedaanNIM. 98413845 ZAINUDIN AZIZ