Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:58:40ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-11-06T01:54:06Z2017-11-06T01:54:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28199This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/281992017-11-06T01:54:06ZKAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB
NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA
KEPADA SISWALatar belakang, berawal dari keberadaan pendidikan agama Islam dalam
menghadapi era globalisasi yang begitu maju, serta kuatnya nilai budaya
skularistik yang menuntut berbagai kekuatan yang harus terpenuhi bagi sumber
daya manusia yang memiliki karakter Islami yang berdasarkan al-Quran dan as-
Sunnah. Keberadaan nilai menjadikan manusia bahagia yang merupakan
keinginan universal dari semua mahluk sepanjang waktu. Sedangkan pendidikan
agama Islam berfungsi untuk menuntun hidup manusia untuk mendapatkan
kebahagian dan memiliki karakter yang baik ketika menghadapai berbagai
kemajuan di era globalisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai-nilai pendidikan agama Islam
dalam kitab Nūrul-Mubīn, dan bagaimana metode penanamannya kepada siswa
agar siswa bisa menjadi manusia yang berkarakter. Penelitian ini merupakan
penelitian kepustakaan (library research), yaitu kajian literatur melalui penelitian
kepustakaan. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Nūrul-Mubīn karya
KH. Hasyim Asyari. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu pendidikan
Islam dengan analisis isi (content analysis), yaitu teknik yang digunakan untuk
menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang
dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian ada beberapa nilai-nilai
pendidikan agama Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Nūrul-Mubīn
diantaranya adalah (1) Nilai Keimanan, (2) Nilai Ketaatan, (3) Nilai Kepatuhan,
(4) Nilai Ketulusan, (5) Nilai Kecintaan, (6) Nilai Kasih Sayang, (7) Nilai
Penghormatan, (8) Nilai Persaudaraan, (9) Nilai Kesederhanaan, (10) Nilai
Keindahan, (11) Nilai Kesabaran, (12) Nilai Kemandirian, (13) Nilai Pertolongan.
Adapun model-model pembelajaran yang harus diperaktikkan oleh seorang guru
untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang telah disebutkan oleh
KH. Hasyim Asy’ari adalah sebagai berikut: model pembelajaran sikap, model
pembelajaran habit forming, model pembelajaran pakem, model pembelajaran
inside autside circle, model pembelajaran mau’idhah hasanah, model
pembelajaran active debat, model pembelajaran konsiderasi, model pembelajaran
kontekstual, model pembelajaran modeling, model pembelajaran problem based
instruction, model pembelajaran berbasis aktivitas, model pembelajaran kolaboratif.
Seorang guru selalu berusaha menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam
yang disebutkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Nūrul Mubīn, dengan
menggunakan beberapa model pembelajaran tersebut, agar para siswa mampu
menjadi manusia yang berkarakter.
Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Metode Penanamannya
Kepada SiswaNIM: 1520410010 ZAINUL HOLIL