Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:48:03ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-13T07:29:40Z2017-10-13T07:29:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27521This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/275212017-10-13T07:29:40ZPERANSERTA ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DI SEKOLAH ISLAM DAR AL-HAKIM YOGYAKARTAPeranserta orangtua dalam pendidikan anak, memegang peranan penting. Ia
sangat berpengaruh terhadap usaha mengoptimalkan perkembangan anak. Beberapa
penelitian menunjukkan bahwa peranserta orangtua dalam pendidikan anak di sekolah,
terutama Pendidikan Anak Usia Dini masih tergolong rendah. Namun, hal ini tidak
terjadi di Sekolah Islam Dar al-Hakim (SIDAH) Yogyakarta. Dari pengamatan,
terlihat bahwa orangtua cukup aktif berperanserta di sana. Penelitian ini dilakukan
untuk melihat secara lebih dalam bagaimana bentuk, faktor yang mempengaruhi,
dan dampak peranserta orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di SIDAH.
Sehingga, dapat diperoleh gambaran utuh mengenai manfaat peranserta orangtua
dalam pendidikan anak di sekolah.
Penelitian ini bersifat lapangan (field research) dengan pendekatan
deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara
sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi
tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus pada lima orangtua yang memiliki anak usia dini di SIDAH. Penggalian
data dan informasi dilakukan melalui teknik wawancara. Untuk memperoleh data
tentang bentuk-bentuk peranserta orangtua, dipakai teori Overlapping Sphere of
Influence yang dikemukan oleh Epstein yang membagi bentuk peranserta orangtua
secara terperinci menjadi enam tipe keterlibatan, yakni parenting education
(pendidikan orang tua), komunikasi, volunteer (relawan), pembelajaran di rumah,
membuat keputusan dan bekerjasama dengan komunitas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa orangtua di SIDAH berperanserta
aktif dalam proses pendidikan di sana. Bentuk peranserta tersebut 1) parenting
education, baik formal maupun informal, 2) parent and teacher club, sebagai
jembatan komunikasi, 3) voluntary, membantu kegiatan sekolah secara sukarela,
4) mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah di rumah, 5)
berkontribusi dalam pembuatan keputusan sekolah, dan 6) ikutserta dalam
Festival Anak Kreatif, dalam rangka berbaur dengan masyarakat. Faktor yang
membentuk peranserta ini adalah, 1) kesadaran orangtua akan tanggung jawab
pendidikan anak, 2) kebahagiaan anak melihat peranserta orangtuanya di sekolah,
3) silaturahmi yang baik antara orangtua dan guru. Dampak peranserta ini terlihat
pada, 1) orangtua yang semakin memahami hakikat pengasuhan anak, 2) anak
yang bahagia di sekolah, 3) sekolah yang mampu mengembangkan visi dan misi
pendidikannya dengan baik.NIM. 1520010067 ZAKIATI SALMA