Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:15:55ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-03-20T02:17:06Z2019-03-20T02:17:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33567This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/335672019-03-20T02:17:06ZEKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP DALAM
PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRADĀT DI MTsN 1 BANTUL
TAHUN AJARAN 2017/2018Latar belakang penelitian ini adalah karena siswa mengalami kesulitan dalam
mempelajari bahasa Arab. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam
penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan kurang
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, muncullah
ide untuk menggunakan media Pop-Up sebagai media pembelajaran yang efektif
dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas media
pembelajaran Pop-Up dalam peningkatan pemahaman mufradāt bahasa Arab di
MTsN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian field research (penelitian lapangan). Objek penelitian adalah kelas VII E
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam
mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi,
dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest.
Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan melakukan
uji-t melalui program SPSS versi 16.0 serta uji normalitas, dan uji homogenitas
sebagai prasyarat.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen
mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest yaitu 53,78125 menjadi
74,09375 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai
pretest dan posttest yaitu 54,82759 menjadi 64,7931. Hal ini menunjukkan bahwa
rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata
nilai posttest kelas kontrol. (2) media pembelajaran Pop-Up dikatakan efektif dalam
peningkatan pemahaman mufradāt siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai posttest
kelas eksperimen yaitu 74,09375 dengan dasar pengukuran efektivitas menurut
Suharsimi Arikunto. Dari penghitungan uji-T jenis Independent Sample T-Test
dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar keduanya
sehingga Ha diterima.
Kaca kunci: Eksperimentasi, Media Pop-Up, Mufradāt.NIM: 14420070 ZAKIYATUL AMANAH