Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:20:28ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-27T03:58:10Z2016-04-27T03:58:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20463This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/204632016-04-27T03:58:10ZIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2013
DI SMP N 2 TURI DAN SMP N 3 KALASAN SLEMANZalik Nuryana, Implementasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum 2013 di
SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan
Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam Pasca Sarjana UIN Sunan
Kalijaga.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum. Proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Perubahan pola pikir dan pola tindak bagi guru dalam mengelola kelas dan
melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian
otentik
.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data
dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data,
dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI di SMP N 2
Turi dan SMP N 3 Kalasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, SMP N 2 Turi dan SMP N
3 Kalasan telah menerapkan kurikulum 2013 pada semua mata pelajaran termasuk
PAI. Penerapan di sekolah mulai dari sarana prasarana, perencanaan, proses, dan
evaluasi pembelajaran dan menggunakan buku teks guru dan siswa kurikulum
2013. Bimtek dan pelatihan guru sudah dilakukan, akan tetapi ada beberapa
keluhan oleh GPAI,bahwa pendekatan saintifik dan evaluasi otentik kurang
difahami oleh guru, sehingga nilai pembelajaran kurang mengena. Kedua,
Implementasi kurikulum 2013 berjalan efektif, hanya saja perubahan awal yang
dirasakan ketika mengajar di kelas VII karena perubahan jenjang dari SD ke SMP.
GPAI mengajar dengan monoton, sehingga terjadi kebosanan di dalam kelas.
Perlu pelatihan khusus mengenai metode pembelajaran yang menyenangkan, dan
juga pemanfaatan media pembelajaran. Ketiga, Ditemukan persamaan dan
perbedaan. Persamaannya adalah, GPAI kedua sekolah di bawah naungan MGMP
PAI Kab. Sleman. Proses pembelajaran kedua sekolah menggunakan pendekatan
saintifik, dan menggunakan penilaian otentik. Perbedaan yang ditemukan adalah,
perbedaan pemahaman dalam perencanaan pembelajaran, sehingga alur dan
komponen RPP tidak sesuai petunjuk. Dalam proses pembelajaran terlihat
perbedaan dalam implementasi pendekatan saintifik, metode pembelajaran, dan
pengelolaan kelas. Perbedaan dalam evaluasi pembelajaran adalah, perbedaan
pemahaman tentang penilaian otentik yang belum sepenuhnya di pahami dan
dilaksanakan oleh guru.NIM. 1220410104 ZALIK NURYANA, SPDI