Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:52:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-04-23T00:46:14Z2018-08-07T01:35:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11995This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/119952014-04-23T00:46:14ZNILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DAN AYYUHAL WALAD SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAMLatar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses
pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang petensial secara
intelektual semata melalui transfer of knowledge yang kental, tetapi proses
tersebut bermuara pada upaya pembentukan watak. Pada kenyataannya
pendidikan hanya menjadikan para peserta didik menjadi manusia yang
berpengetahuan tanpa di imbangi dengan akhlak dan kepribadian yang baik.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai Pendidikan
Karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad serta
Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan
Untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang ada dalam kitab Ta’limul
Muta’allim dan Ayyuhal Walad dan Untuk mengetahui relevansi nilai pendidikan
karakter terhadap kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad dalam Pendidikan
Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi
untuk mempermudah memahami pendidikan karakter serta dijadikan bahan acuan bagi
penelitian-penelitian yang relevan yang akan datang.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research)
dengan mengambil objek yaitu kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad
berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter serta relevansinya dengan
pendidikan Agama islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
dokumentasi, sedangkan analisis data Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode analisis isi (Content analisis). Analisis ini digunakan
untuk mengungkapkan kandungan nilai-nilai tertentu dalam sebuah buku dengan
memperhatikan pada konteks. Sumber data primer berupa kitab Ta’limul
Muta’allim dan Ayyuhal Walad sumber sekunder terjemah kitab kitab Ta’limul
Muta’aliim dan Ayyuhal Walad ,buku, skripsi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang
terkandung dalam kitab antara lain antara lain Religious, Disiplin, Kerja Keras,
Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar
membaca, Tanggungjawab, Jujur, Toleransi, Kerja Keras, Mandiri, Peduli
sosial. Relevansi nilai pendidikan karakter dengan Pendidikan Agama Islam
sangat relevan, baik tujuan, materi, dan metode yang digunakan dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.NIM. 09410284 ZENI MUFIDA