Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T16:04:24ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-28T04:43:53Z2016-04-28T04:43:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20520This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205202016-04-28T04:43:53ZANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI
LUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ
PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNERZetty Arifah, Analisis Buku Al Al’ab Al Lughowiyah Fi Ta’limi Lughoh Al-
Ajnabiyah Karya Nasif Mustofa Abdul Aziz Perspektif Multiple Intelligence
Howard Gardner. Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Pembelajaran bahasa Arab membutuhkan strategi untuk menyampaikan
informasi dan permainan yang berperan untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar
serta permainan dapat membantu tersampainya materi dengan baik. Sukses
tidaknya suatu program pengajaran bahasa senantiasa dinilai dari strategi
pembelajaran yang digunakan, menentukan tercapainya isi dan cara mengajarkan
bahasa. Konsep dasar penelitian ini sebagai strategi pembelajaran bahasa Arab
dalam sebuah permainan. Sebagaimana Istilah “permainan” dalam pembelajaran
bahasa ini digunakan agar dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dalam
kegiatan-kegiatan di kelas, dan memberikan kesan kepada guru dan siswa tentang
adanya cara belajar yang menyenangkan dan senantiasa ditunggu-tunggu untuk
melatih dan mengembangkan kemampuan semua unsur-unsur kebahasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan dalam
buku Al Al’ab Al Lughowiyah untuk dicari komponennya serta disesuaikan
dengan teori yang terkait yaitu multiple intelligences howard gardner, untuk
mengetahui dan mengembangkan permainan yang terdapat dalam buku Al Al’ab
Al Lughowiyah tersebut dengan berbagai tipe kecerdasan siswa yang sesuai
dengan teori Gardner.
Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan
desain penelitian pustaka dengan menganalisis dengan teori yang terkait dengan
data buku yang diteliti serta dengan menggunakan sumber-sumber yang akurat
baik itu dari pustaka terdahulu maupun buku referensi dan lain-lain. Buku yang
diteliti berbahasa Arab dengan diambil 11 sampel permainan dan diterjemahkan
serta dianalisis menggunakan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner. Pokokpokok
isi dan sub judul isi dari buku yang diteliti digambarkan serta dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Buku Al Al’ab Al Lughowiyah
karya Nasif Mustofa Abdul Azis yang diterbitkan di Riyadh ini berisi tentang
xv
permainan dalam belajar bahasa arab baik tingkat pemula sampai tingkat lanjutan
dengan mencakup keempat maharoh dalam bahasa arab yaitu istima’, kalam,
qiro’ah dan kitabah serta belajar unsur-usnsur bahasa bahkan qowaidnya. Buku ini
disertai dengan gambar yang menarik agar mempermudah belajar siswa. Gambar
menunjukkan tipe belajar siswa yang visual. Karena visual apa yang dilihat siswa
tidak hanya memperoleh materi dengan abstrak tetapi belajar dengan melihat
objek yang sebenarnya. Banyak juga di dalamnya terdapat tatacara
mengkondisikan kelas dan seputar pembelajaran yang menyenangkan dengan
permainan.
2) Bentuk-bentuk permainan dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah sama
dengan bentuk permainan dalam strategi pembelajaran bahasa dalam referensi
bahasa Indonesia yaitu terdiri dari materi, maharoh, tingkat, durasi, persiapan atau
bahan dan langkah-langkahnya, bentuk permainannya mengarah pada strategi
yang efektif dalam permainan bahasa dan menyadarkan apa urgensi dan hakikat
permainan itu dalam pembelajaran, kapankah waktu yang sesuai untuk
menggunakan permainan tersebut dan digunakan dengan seefektif dan seefisien
mungkin.
3) Pelaksanaan permainan pembelajaran bahasa Arab dalam buku Al
Al’ab Al Lughowiyah terbukti sesuai dengan teori Multiple Intelligences Howard
Gardner. Proses pembelajaran di kelas, guru tidak hanya monoton dalam satu tipe
belajar namun menggunakan 8 kecerdasan sesuai yang dicetuskan oleh howard
gardner sesuai dengan materi yang diajarkan. Kecerdasan visual dapat dibuktikan
dengan adanya banyak gambar, kecerdasan linguistik dibuktikan dengan keempat
maharoh sebagai target, kecerdasan logis matematis dengan menggunakan pikiran
yang logis serta menghitung dan menggunakan pola berpikir matematis ilmu pasti
dan eksak, kecerdasan kinestetik ditunjukkan dengan permainan yang
menggunakan asosiasi drama dan gerakan badan seperti “mencari harta karun”
dan “kotak kemasan korek api” yang diikat dengan tangan, kecerdasan musikal
dengan melodi dan apa yang sering diperdengarkan kepada siswa. Intrapersonal
dan interpersonal dengan permainan individu dan kelompok dan lain sebagainya.NIM. 1420410201 ZETTY ARIFAH, SPDI