Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:14:21ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-02T11:01:12Z2016-02-22T08:02:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8486This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/84862013-07-02T11:01:12ZPENGARUH NOVEL KIMIA DALAM
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON
Telah dilakukan penelitian pengaruh novel kimia dalam kegiatan pembelajaran
terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan novel kimia dalam kegiatan
pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik di
kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Desain
penelitian yang digunakan adalah desain penelitian non equivalent control group
design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar soal pretest dan postest
serta lembar skala motivasi belajar peserta didik terhadap penggunaan novel kimia.
Analisis data untuk motivasi belajar peserta didik menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan scoring rata-rata. Sedangkan analisis data untuk soal pemahaman
konsep dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta dilanjutkan dengan
menggunakan uji one way anova untuk dua sampel yang satu sama lain saling
berhubungan.
Hasil dari analisis data penelitian ini yaitu pada motivasi belajar peserta didik
rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 72,79 dan 69,43.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih
besar dari rata-rata kelas kontrol. Rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik
menurut Sukardjo yaitu berada diantara 67,998 dan 83,994 untuk kategori baik. Pada
aspek pemahaman konsep, untuk data posttest berdistribusi normal dengan nilai sig
kelas eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 0,08 dan 0,35. Pada uji
homogenitas data homogen dengan nilai sig 0,322. Rata-rata nilai posttest masingmasing
kelas adalah 70,44 dan 65,33. Selanjutnya menggunakan uji one way anova
yang menunjukkan nilai F
hitung
> F
yaitu 4,787 > 3,995. Hal ini berarti sumber
belajar novel kimia pada materi pokok hidrokarbon memberi pengaruh yaitu
pengaruh positif pada kegiatan pembelajaran kimia.
Kata kunci: novel kimia, motivasi belajar, pemahaman konseNIM. 09670040 ZULFAH