Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:42:09ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-02-16T04:22:00Z2019-02-16T04:22:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33237This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/332372019-02-16T04:22:00ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW BERBASIS SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BANGUNTAPANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI (Somatis Auditori
Visual Intelektual) terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada
aspek kognitif siswa kelas XI di SMA N 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk
penelitian Experimental dengan desain penelitian Randomized pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang
terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil dengan
teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol,
kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen Jigsaw dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas
eksperimen Jigsaw berbasis SAVI. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan
data motivasi berupa lembar angket dan hasil belajar siswa berupa lembar test soal
pretest dan posttest. Analisis data motivasi belajar menggunakan Kruskal Wallis
Test, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan One
Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Jigsaw berbasis SAVI
(Somatis Auditori Visual Intelektual) secara signifikan tidak terdapat pengaruh
motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Kruskal Wallis Test menunjukkan
Asymp. sig. sebesar 0,274 > 0,05, dan secara signifikan terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan hasil pengujian One Way Anova
untuk skor N-gain siswa menunjukkan Sig. sebesar 0,022 < 0,0NIM. 14680003 Zaria Triana Wahyuningtyas